Bangun Kampus IPDN, Kalbar Anggarkan Rp 100 Miliar

Senin, 18 Juli 2011 – 12:04 WIB
PONTIANAK – Pemerintah akan membangun kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di KalbarRencana ini akan dilaksanakan tahun depan dengan anggaran lebih dari Rp 100 miliar

BACA JUGA: Partisipasi Sekolah Belum Merata

“Tahun depan akan bangun kampus IPDN yang asli,” kata Asisten Direktur Bidang Akademik IPDN Kampus Kalbar, Aloysius Mering.

Saat ini IPDN Kampus Kalbar sudah ada 100 praja
Mereka datang dari seluruh Indonesia dan disebar di tujuh kampus

BACA JUGA: Fadel Dirikan Sekolah Kelautan di Wakatobi

Sebanyak 100 praja itu kuliah di gedung sementara di Sungai Ambawang Kubu Raya
“Pembangunan gedung yang baru rencananya tepat di depan kampus sekarang,” ungkapnya.

Lahan sudah disediakan

BACA JUGA: UBH Siapkan Menuju e-University

Luasnya, kata Mering, sekitar 27 hektarDengan adanya kampus sendiri, praja IPDN yang ada di Kalbar dapat kuliah dengan nyamanDaya tampung kampus saat ini dirasakan kurang karena setiap tahun akan ada 100 praja kuliah di kampus Kalbar“Di Kalimantan hanya ada di KalbarTapi prajanya bukan hanya dari Kalimantan, datang dari Aceh sampai Papua,” ujarnya.

Dijelaskan Mering, 10o praja IPDN ini akan melaksanakan Praktik Lapangan I Muda Praja IPDN Kalbar di Kota Pontianak mulai 27 JuliSelama 14 hari mereka akan disebar di tiga kecamatan, Pontianak Barat, timur dan utara“Praja ini terdiri dari 73 putra dan 27 putriSetiap kelurahan akan diisi 10 praja,” jelasnya.

Mering mengakui praja IPDN yang ada sekarang tidak semuanya memiliki intelektual tinggiItu dibuktikan dari ujian yang baru saja dijalaniMasih ada lembar jawaban yang tidak terisi“Memang mereka diseleksi mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusatTapi tidak semuanya berintelektual tinggiIni menjadi kerja keras kami,” ungkapnya.

Dalam praktik lapangan ini praja tidak dapat berbuat dan pergi tanpa izinBahkan mengendarai sepeda motor saja dilarang“Karena pernah ada kasus, praja yang praktik naik sepeda motor mengalami kecelakaan dan meninggal dunia,” ingatnya.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyambut baik kota ini dipilih sebagai lokasi praktik lapangan praja IPDNDia mengimbau semua lurah yang ditempati praja memanfaatkan kegiatan tersebutTidak sekedar ditugaskan, tapi harus memberikan landasan bekerja nantinya“Manfaatkan kegiatan ini sebaiknyaJangan lepaskan begitu saja praja yang ada di kelurahannya, berikan landasannya,” pintanya.(hen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peminat Sekolah Swasta Merosot Drastis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler