Bangun Koalisi Bersama, Demokrat Puji Sikap Politik Surya Paloh

Selasa, 19 Juli 2022 – 22:22 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politisi senior Partai Demokrat Benny K Harman menanggapi kelanjutan silaturahmi antara Ketua Umum partainya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beberapa waktu yang lalu.

Benny menegaskan bahwa komunikasi dengan partai politik, termasuk Nasdem masih dilakukan pihaknya dengan baik.

BACA JUGA: Rumah Pejabat di Kota Tebing Tinggi Dilempar Bom Molotov, Begini Kondisinya

"Silaturahmi tetap berjalan, Mas Ketum AHY dengan partai-partai lain termasuk dengan NasDem. Saya yakin dengan silaturahmi dapat menjadikan komunikasi yang baik, apalagi untuk kepentingan bangsa," kata Benny di gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

Anggota Komisi III itu mengungkapkan pertemuan Partai Demokrat dengan NasDem membahas kepentingan bangsa, termasuk soal Pemilu 2024.

BACA JUGA: Demokrat Akui Lebih Mesra dengan NasDem dan PKS

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu mengaku bangga dengan sosok Surya Paloh saat bertemu AHY.

Menurut Benny, Surya Paloh adalah tokoh politik senior, bangsa, dan negarawan yang mampu menyampingkan kepentingan pribadi, golongan, dan kelompok.

BACA JUGA: Cerita Sopir Angkot yang Tertabrak Truk Pertamina di Cibubur, 12 Penumpang Histeris & Kabur

"Yang saya cermati dan pengamatan pertemuan kemarin Pak Surya Paloh lebih mengutamakan kepentingan bangsa, bukan golongan kelompok, bahkan kepentingan partai sendiri," tutur Benny K Harman.

Dia juga menilai Surya Paloh lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam menentukan sikap partai politiknya.

Surya Paloh juga dinilai mengutamakan komunikasi, kebersamaan, dan kesetaraan antarpartai politik.

Sikap tersebut, lajut Benny, juga ditunjukkan Surya Paloh dalam membangun koalisi pencalonan presiden dan wakil pada pemilu 2024 mendatang.

"Meskipun Pak Surya Paloh kami anggap politikus senior di negeri ini, yang saya amati Pak Paloh lebih menonjolkan komunikasi dan bukan dominasi, bukan mendikte, tapi mengapresiasi," ujar Benny

Benny mengaku dua kali mengantar AHY bertemu langsung dengan Surya Paloh di kantor NasDem.

Pada pertemuan tersebut, Benny mengaku menyaksikan sikap Ketum NasDem yang dinilai sangat komunikatif dan respek mengenai ide besar yang disampaikan AHY.

"Walaupun mas AHY usianya jauh lebih muda dan junior, namun Pak Surya Paloh dalam sikap politiknya menunjukan seorang negarawan yang lebih tinggi, yakni menghormari Ketum AHY dengan ide dan gagasannya," jelas Benny.

Bahkan, kata Benny, Surya Paloh mendorong AHY untuk maju dalam pilpres di pemilu 2024.

Surya Paloh juga menyampaikan pesan agar AHY bekerja dan bertemu dengan rakyat, termasuk bertemu tokoh masyarakat sebanyak mungkin.

"Saya memandang sikap politik yang diperlihatkan Surya Paloh bertemu beberapa kali memperlihatkan sikap penuh kehangatan, style mengutamkan komunikasi bukan dominisasi. Semua itu merupakan angin segar untuk iklim politik," kata Benny.

Soal kader Partai NasDem Zulfan Lindan yang mengusulkan duet Gubernur DKI Anies Baswedan dan AHY untuk Pilpres 2024, Benny mengatakan pembahasan koalisi ada tahapan dan waktunya sehingga tidak tepat bagi Partai Demokrat untuk membicarakan mengenai duet Anies-AHY.

BACA JUGA: Buntut Kasus Mas Bechi, Ponpes Shiddiqiyah Jombang Langsung Ditinggal Para Santri

"Kalau yang bicara sahabat kami NasDem, ya, sah-sah saja karena NasDem sudah mengeluarkan tiga capresnya. Kalau Partai Demokrat ada waktu dan tahapan untuk ke depan, pastinya saat ini silaturahmi dan komunikasi tetap dilakukan deegan baik," pungkas Benny. (mcr9/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler