Bangun Nilai Nasionalis, Indonesia Re Gelar Pelatihan Kepemimpinan bagi Talenta Muda

Selasa, 30 Juli 2024 – 14:20 WIB
Bangun kedekatan pada nilai nasionalis, Indonesia Re gelar pelatihan kepemimpinan bagi talenta muda. Foto: Dok. Indonesia Re

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Re menggelar pelatihan kepemimpinan yang berlangsung pada 19-20 Juli 2024 di Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Wikasatrian yang merupakan pusat pelatihan yang mengedepankan kearifan lokal dari berbagai suku dan budaya di Indonesia.

BACA JUGA: IIC 2024, Langkah Progresif Indonesia Re Perkuat Industri Asuransi

Model kepemimpinan “Nusantara” ini dibangun berdasarkan riset akademis bersama Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indonesia Re memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendukung pembangunan nasional dan memperkuat daya saing industri asuransi dan reasuransi di Indonesia melalui sumber daya manusianya.

BACA JUGA: Bentuk Karakter Berintegritas, Indonesia Re Gelar Pelatihan Bela Negara

Mengangkat tema utama “Personal Efektif”, para peserta dilatih untuk dapat mengenali diri sendiri dengan berbagai metode yang diberikan.

Diharapkan talenta muda Indonesia Re nantinya mampu menjadi pemimpin untuk diri sendiri dan tim di masa depan.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Dilaksanakan selama dua hari, pelatihan kepemimpinan ini menerapkan empat metode, yakni pengalaman dan refleksi dari aksi/tindakan langsung.

Isu yang dijadikan bahan pelatihan merupakan kasus riil organisasi sehingga peserta mendapat insight dan refleksi yang berguna untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Kedua, menyediakan ruang dialog, refleksi yang mendalam dan umpan balik. Metode ini digunakan agar peserta dapat membagikan pengalaman, feedback maupun memberikan apresiasi dari kelompoknya.

Ketiga, memberdayakan fungsi kelompok kecil. Para peserta juga didorong melakukan diskusi intens dalam kelompok kecil dan juga saling bertanya untuk mendapatkan wawasan atau perbedaan pandangan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Keempat, reframing dan konseptualisasi. Pembingkaian dan penambahan wawasan teori pengembangan diri dan organisasi sesuai kebutuhan dan mendukung terwujudnya strategi perusahaan.

Secara umum, tujuan pelatihan personal ini bukan hanya untuk menciptakan pemimpin yang kompeten, pelatihan ini juga memberikan instruksi tentang cara mengelola organisasi secara efektif dalam dinamika berorganisasi.

Indonesia Re mendukung dan berusaha mengembangkan kurikulum yang sesuai untuk diterapkan kepada calon pemimpin-pemimpin muda.

Selain itu, dalam pelatihan kepemimpinan tersebut ditanamkan juga nilai-nilai akhlak yang menjadi pondasi bersikap para karyawan BUMN.

“Dalam pelatihan ini juga ditanamkan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (AKHLAK) yang menjadi pondasi bersikap karyawan BUMN di mana nilai-nilai mendorong karyawan untuk berinovasi, membangun lingkungan yang positif, disiplin dan mengedepankan sifat-sifat nasionalis," kata Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM & Corporate Secretary Indonesia Re Robby Y. Walid.

"Dari nilai-nilai tersebut, diharapkan para peserta yang berjumlah 24 orang memiliki pengenalan yang lebih baik terhadap pribadinya sendiri, juga kualitas kepemimpinan yang lebih baik untuk mengelola tim, mengambil keputusan strategis dan memotivasi rekan kerja,” kata Robby.

Terdapat tiga aspek inti yang menjadi pilar pelatihan kepemimpinan yang berlangsung pada akhir pekan lalu, yakni Ketuhanan di mana peserta diharapkan dapat menghargai dan memanfaatkan potensi yang ada dalam diri, termasuk kesadaran untuk mengambil tanggung jawab penuh bagi penentuan visi dan misi hidup.

Kemudian, aspek kemanusiaan yang mana peserta diharapkan sadar betul terhadap kepentingan bersama, kontributif dalam keberlangsungan perusahaan berkelanjutan juga saling terbuka dan mau untuk berkembang sesuai potensi dan peran diri sendiri.

Pilar ketiga ialah alam yang mana para peserta dituntut untuk perilaku menghargai dan melestarikan lingkungan hidup. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Rumah Sakit Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Miliaran Rupiah, KPK Turun Tangan, Nah Loh


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler