Bangun Smelter Feronikel, PT PP Gelontorkan Rp 14,5 Triliun

Rabu, 19 Juni 2019 – 11:31 WIB
Ilustrasi uang rupiah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KOLAKA - PT PP (Persero) Tbk memulai pembangunan smelter feronikel di Kolaka, Sulawesi Tenggara, milik PT Ceria Nugraha Indotama (PT CNI).

Fasilitas smelter dengan investasi Rp 14,5 triliun itu akan beroperasi pada Desember 2021.

BACA JUGA: Groundbreaking Proyek Smelter, Kontrak Baru PT PP Capai Rp10,57 Triliun

Direktur Operasi 3 PT PP Abdul Haris Tatang mengungkapkan, perseroan sebagai kontraktor akan bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek yang bekerja sama dengan partner konsorsium ENFI (BUMN Tiongkok) itu.

BACA JUGA: Transaksi Nontunai Naik Tajam

BACA JUGA: Smelter Feronikel PT CNI Senilai 14,5 Triliun Mulai Dibangun di Kolaka

’’Dengan berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek pembangkit serta minyak dan gas, saat ini perseroan mulai terjun ke area industri proses pengolahan mineral,” ujarnya akhir pekan lalu.

Proyek smelter feronikel yang berlokasi di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, tersebut akan menelan investasi Rp 4 triliun untuk tahap 1.

BACA JUGA: Gelar Safari Ramadan 1440 H, PT PP Berbagi Dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri

Dilanjutkan tahap berikutnya dengan nilai total investasi Rp 14,5 triliun. Pabrik smelter yang memiliki total kapasitas 4 x 72 MVA itu ditargetkan dapat beroperasi pada 2021.

Pabrik itu akan memproduksi sekitar 229.000 ton feronikel (FeNi) setiap tahunnya dengan kadar nikel 22–24 persen.

Kebutuhan listrik untuk operasional smelter diperkirakan mencapai 350 mw. Pembangunan smelter feronikel ini merupakan upaya PT CNI selaku perusahaan dalam negeri untuk membantu meningkatkan devisa negara di sektor minerba.

Selain itu, dengan beroperasinya pabrik smelter ini, penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekitar dipastikan dapat membantu meningkatkan perekonomian.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, groundbreaking smelter tersebut juga menjadi komitmen pemerintah untuk terus mendorong pelaku usaha pertambangan dalam mendukung upaya percepatan hilirisasi di sektor pertambangan.

’’Inilah yang kita inginkan (pembangunan smelter), agar bisa menghasilkan efek nilai tambah yang lebih besar dari sekadar menjual raw material,’’ tutur Arcandra.

Kementerian ESDM akan melakukan pengawasan kemajuan pembangunan secara berkala setiap enam bulan dan juga ketersediaan cadangan bijih nikel untuk operasional fasilitas pemurnian. (vir/c17/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Garap Proyek Yogyakarta International Airport, PT PP Implementasikan BIM 6D


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler