Banjir Kiriman Kembali Rendam Jakarta

Sabtu, 03 Agustus 2013 – 14:53 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Air Sungai Ciliwung kembali meluap dan merendam sejumlah wilayah di DKI Jakarta hari ini. Banjir ini disebabkan intensitas hujan tinggi di wilayah Bogor, Jawa Barat pada Jumat (2/8) kemarin malam.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hingga pukul 12.00 WIB banjir masih terjadi di 5 kelurahan wilayah Jakarta Timur dan Selatan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Lokasi banjir antara lain, Kelurahan Bukit Duri (20 - 70 cm), Kampung Melayu (30-150 cm), Bidara Cina (20-100 cm), Cililitan (30-100 cm) dan Cawang (50-250 cm).

BACA JUGA: Bulan Puasa, Volume Sampah Jakarta Bertambah

Sebanyak 16.016 jiwa warga di 204 RT terkena dampak banjir ini. "Tidak ada yang mengungsi," ujar Kepala BPBD DKI, Ery Basworo saat dihubungi, Sabtu (3/8).

Menurut Ery, melonjaknya volume air kali Ciliwung tadi malam hanya terjadi dalam waktu sebentar. Karena itu banjir kiriman yang masuk ke wilayah ibu kota surut dengan cepat.

BACA JUGA: Pemprov Siap Reklamasi 17 Pulau

Lebih lanjut, Ery mengatakan bahwa saat ini ketinggian air terus menurun. Namun, bila memang terjadi peningkatan eskalasi, pihaknya sudah menyiapkan penanganan.

"Untuk logistik bila dibutuhkan akan kita koordinasikan dengan Dinas Sosial, dan bila memang dibutuhkan perangkat kita seperti perahu karet selalu siap diturunkan kapan saja," tandasnya.

BACA JUGA: Tak Mendaftar, PKL Tanah Abang Bakal Ditinggal

Saat ini hanya Pintu air Manggarai (780 cm) dan Karet (480 cm) yang masih dalam status siaga 3. Sementara pintu air lainnya sudah dalam status siaga 4 alias aman. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kerahkan 1.330 Personel Alihkan Arus Lalu Lintas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler