Banjir Landa Dua Kecamatan di Cirebon, Ribuan Rumah Terendam

Minggu, 13 November 2016 – 07:04 WIB

jpnn.com - GEBANG-Hujan yang mengguyur Kabupaten Cirebon mengakibatkan ribuan rumah di Kecamatan Waled dan Gebang terendam banjir. Banjir tersebut disebabkan meluapnya Sungai Ciberes akibat pendangkalan.

Banjir didua Kecamatan ini memang masalah klasik, ketika daerah Kuningan hujan, maka debit air di Sungai Ciberes meninggi hingga menyebabkan banjir di dua kecamatan tersebut. 

BACA JUGA: Cuaca tak Menentu, Kubis Ikut Galau

Camat Waled Abdulatif MM kepada Radar Cirebon mengatakan, ada sekitar empat desa di Kecamatan Waled yang terendam banjir pada Jumat malam (11/11).

“Banjir di Kecamatan Waled ada empat Desa, yaitu di Desa Ambit, Desa Ciuyah, Desa Gunungsari, Desa Mekarsari. Ketinggian air sekitar 60 cm dan masuk keperumahan warga,” kata Latif.

BACA JUGA: Tragis..Memilukan..Balita Tewas di Galian Septic Tank

Menurut Latif, banjir tersebut berasal dari luapan air Sungai Ciberes.

“Kalau hujan di Waled nggak khawatir akan banjir, justru ketika di Kuningan hujan besar itu yang dikhawatirkan, karena memang sangat berpotensi banjir kiriman hingga Sungai Ciberes meluap,” ujar Latif.

BACA JUGA: Foto Kepsek di Facebook Picu Tawuran Tiga Sekolah

Latif mengungkapkan, Sungai Ciberes kini kondisinya sudah sangat dangkal, sehingga menyebabkan banjir.

“Sungai Ciberes sudah harus secepatnya dikeruk agar air sungai ini tidak lagi meluap,” ungkapnya.

Latif memperkirakan ada ribuan rumah warga yang terendam banjir. “Saya kurang tahu pastinya yang terendam banjir, tapi sepertinya ada ribuan rumah yang terendam air di empat desa ini,” ucapnya.

Sedangkan banjir di Kecamatan Gebang terjadi Sabtu pagi (12/11). Beberapa desa yang terendam banjir yaitu Desa Gebang Udik, Gebang Mekar dan Desa Gebang Kulon.

Ketua BPD Desa Gebang Mekar Edi Syamsuri kepada Radar Cirebin menuturkan, banjir di Kecamatan Gebang tidak berlangsung lama. Air kembali surut kemarin siang (12/11).

“Memang sudah sering di Gebang terjadi banjir pada pagi hari. Biasanya kalau Kuningan hujan besar sore hari atau malam, nah esok paginya giliran Gebang yang terkena kena banjir kiriman dari Sungai Ciberes yang meluap,” tutur Edi. (den/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maling Ayam Naik ke Atap, Ayam Lepas, Tersangka Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler