Banjir Terjang Labura dan Asahan, Ribuan Warga Terdampak, Sejumlah Sekolah Diliburkan

Kamis, 03 November 2022 – 20:48 WIB
Petugas Basarnas saat melakukan evakuasi sejumlah warga dari lokasi banjir yang terjadi di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Asahan. Foto: Dokumentasi BPBD Labura

jpnn.com, LABURA - Banjir menerjang permukiman warga di Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (3/11).

Ribuan rumah yang terendam banjir memaksa para penghuninya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

BACA JUGA: Bocah di Subulussalam Aceh Meninggal Dunia Akibat Terseret Banjir

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Labuhanbatu Utara Jamil Hasibuan mengatakan banjir terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Rabu (2/11) malam.

Menurut data sementara banjir terparah terjadi di Kelurahan Aekkanopan dan Aekkanopan Timur di Kecamatan Kualuh Hulu, dan di Desa Ledongbarat, Kecamatan Aek Ledong, Kabupaten Asahan.

BACA JUGA: Kepala BPOM Buang Badan Soal Gagal Ginjal Akut, Andre Rosiade Geram Sampai Gebrak Meja

Desa Ledongbarat merupakan perbatasan Kabupaten Asahan dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Di lokasi tersebut banjir diperkirakan mencapai dada orang dewasa.

"Kami masih sibuk mengevakuasi warga, sehingga data lengkap jumlah korban banjir masih terus dikumpulkan," kata dia melalui sambungan telepon.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Sadis di Depok, Keluarga Ungkap Fakta Mengejutkan, Tak Disangka

Dia mengatakan akibat banjir yang melanda, sejumlah sekolah di wilayah tersebut terpaksa meliburkan siswanya lantaran volume air yang terus naik.

Beberapa sekolah yang terpaksa harus meliburkan proses belajar-mengajar di antaranya adalah MIS Al Falah, MTs Al Halim dan SMPN Aekledong.

Jamil Hasibuan menyatakan pihaknya belum bisa mendata berapa jumlah korban banjir yang terjadi di dua kelurahan di Kecamatan Kualuh Hulu itu.

Tim yang turun untuk mengevakuasi berasal dari berbagai elemen, baik dari Pos SAR Tanjungbalai Asahan, BPBD Asahan hingga dan unsur lainnya.

"Banyak yang terlibat dalam evakuasi ini seperti Satpol PP, Basarnas, Pramuka dan Dinas Perhubungan," katanya.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler