Bank BTN Luncurkan KPR Lelang

Jumat, 14 Desember 2018 – 14:44 WIB
PT Bank BTN melaunching produk baru yang bernama KPR Lelang. Foto dok humas BTN

jpnn.com, BOGOR - PT Bank BTN melaunching produk baru yang bernama KPR Lelang. Produk baru ini diluncurkan untuk menjawab tingginya peminat rumah sitaan atau aset yang dilelang lewat portal www.rumahmurahbtn.co.id.

KPR Lelang merupakan fitur baru di produk KPR yang dikhususkan bagi nasabah yang ingin mendapatkan pembiayaan untuk rumah yang berhasil mereka dapatkan lewat proses lelang.

BACA JUGA: BTN Raih Penghargaan Best Overall

“Kami mengamati peminat rumah lelang mengalami tren peningkatan setiap bulan, tercatat sebanyak 7.063 peminat dan sekitar 30 persen yang tertarik menggunakan KPR untuk melunasi rumah hasil lelang tersebut,” kata Direktur Bank BTN, Nixon LP Napitupulu saat soft launching KPR Lelang di Bogor, Jumat (14/12).

Nixon menjelaskan, sejak diluncurkan pada Februari 2018, situs khusus rumah lelang Bank BTN yaitu www.rumahmurahbtn mengalami peningkatan pengunjung maupun peminat.

BACA JUGA: BTN Kolaborasi dengan 4 Startup

Total aset yang terjual lewat lelang tersebut per 10 Desember 2018 mencapai 986 unit dengan nilai Rp216 miliar.

Adapun data jumlah aset yang dilelang hingga pekan ini mencapai 12.424 unit dengan total nilai agunan mencapai Rp1,7 trilliun dengan jumlah pengunjung laman mencapai 1,4 juta pengunjung. Sementara sekitar 7 ribu pengunjung di antaranya menyatakan berminat mengikuti lelang.

BACA JUGA: BTN Siap Ambil Peran Pembiayaan Perumahan Bagi MBR

Senada dengan Nixon, Direktur Consumer Banking Bank BTN Budi Satria mengaku potensi KPR Lelang akan makin besar ke depannya karena jumlah peminat rumah lelang BTN yang makin tinggi.

KPR Lelang tersebut, menurut Budi sama dengan KPR biasa pada umumnya. Yang membedakan adalah jenis agunannya adalah rumah hasil lelang Bank BTN.

Sementara uang mukanya diperhitungkan menggunakan uang jaminan yang disetor saat nasabah mengikuti proses lelang.

Adapun ketentuan KPR Lelang sama dengan KPR secondhand atau pemilikan rumah second (bukan dari developer).

“Jadi bunga pinjaman bisa diberikan suku bunga promo yang berlaku saat itu sesuai dengan kriteria debitur (suku bunga promo saat ini 8,25 persen fixed dua tahun dan fixed tiga tahun). Tenor terpanjang untuk KPR sampai dengan 25 Tahun sedangkan KPA sampai dengan 15 tahun,” kata Budi.

Target dari KPR lelang, menurut Budi maupun Nixon adalah mengurangi aset mangkrak menjadi aset bernilai, serta memperbaiki NPL atau Non Performing Loan Bank BTN dan rumah lelang bisa dijadikan investasi yang baik karena harga properti cenderung meningkat.

“Kami berharap dengan KPR lelang, makin banyak peminat rumah lelang Bank BTN, NPL berkurang, penyaluran KPR meningkat," tandas dia.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Program Sejuta Rumah BTN Dorong Pertumbuhan Ekonomi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bank Btn   BTN   KPR lelang  

Terpopuler