Bank DKI Tekankan Pentingnya Beradaptasi Menghadapi Dinamika Bisnis Perbankan

Minggu, 11 Februari 2024 – 14:13 WIB
Ilustrasi pelayanan di Bank DKI. Foto: dokumentasi Bank DKI

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono mengakui dinamika bisnis perbankan saat ini memiliki tantangan tersendiri.

Dia mengatakan sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI harus terus melakukan adaptasi.

BACA JUGA: Dukung UMKM, Bank DKI Mudahkan Pembelian Kios dan Los di Pasar Rakyat Citayam

Amirul menjelaskan pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah transformasi dengan berorientasi pada aspek digital, sebagai upaya kunci untuk terus bertahan menghadapi dinamika bisnis.

Lalu, Bank DKI juga terus mengupayakan permodalan terhadap UMKM yang kesulitan karena dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Program Keuangan Berkelanjutan, TJSL Bank DKI Fokus Penanganan Stunting

“Bank DKI terus adaptif untuk menjaga keberlanjutan bisnis, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, dan dukungan penuh terhadap permodalan UMKM khususnya di DKI Jakarta," ujar Amirul kepada wartawan, Rabu (7/2).

Atas upaya adaptif ini, Bank DKI meraih penghargaan Gold Living Legend Company in Enhancing Digital Based Service Development to Support Corporate Transformation (Category: Gold) oleh media Warta Ekonomi, dalam ajang Indonesia Living Legend Companies Awards 2024, yang diselenggarakan di Jakarta pada Rabu (31/1) lalu.

BACA JUGA: Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI Romy Wijayanto Raih Indonesia Best CFO Award 2024

Indonesia Living Legend Companies Award 2024 merupakan bentuk apresiasi media Warta Ekonomi kepada perusahaan yang berasal dari multi industri yang dinilai melegenda di Indonesia.

Penghargaan itu diberikan pada perusahaan yang mampu bertahan serta memaksimalkan potensi dalam mengembangkan usaha secara berkelanjutan, serta dinilai berhasil melewati segala tantangan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Amirul menyebut penghargaan ini menjadi apresiasi berharga atas peran Bank DKI sebagai BUMD DKI Jakarta yang dinilai konsisten memiliki keunggulan operasional, inovasi produk, dan memberikan makna sosial.

“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan prestasi bisnis, tetapi juga menegaskan kontribusi Bank DKI dan menjadikannya salah satu pelaku dalam transformasi digital perbankan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta," kata dia.

Ajang Indonesia Living Legend Awards 2024 mengangkat tema “Memaksimalkan Potensi untuk Bertahan di Lingkungan Bisnis yang Dinamis”.

Hadir menjadi pembicara, Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla menekankan jika perubahan dunia bisnis saat ini harus bisa ditaklukkan dengan mengedepankan sejumlah prinsip yang harus dijalankan secara konsisten.

“Banyak perubahan-perubahan tapi akhirnya siapa yang bertahan? Dialah kita semua (para penerima penghargaan) yang duduk di sini, yang punya prinsip-prinsip pokok untuk bertahan, selalu liat ke depan, apa kebutuhan masyarakat, esensinya, dan efisiensi,” kata JK. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Heboh Video Porno Pelajar Wanita Tulungagung, Polisi Selidiki Penyebarnya


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler