Bank Mandiri Biayai Dua Kapal Rudal

Selasa, 26 April 2011 – 10:20 WIB
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk turut membiayai pembangunan kapal perang jenis cepat yang bersenjata rudal buatan IndonesiaPembiayaan senilai Rp 65,97 miliar itu digunakan untuk membuat dua unit kapal perang tipe 40 yang diproduksi PT Palindo Marine Industry.

"Satu unit kapal cepat rudal KRI Clurit dengan nomor lambung 641 telah selesai dibangun dan diresmikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Dermaga Batu Ampar, Batam

BACA JUGA: IHSG Tergantung Gerak Regional

Itu akan memperkuat armada TNI Angkatan Laut," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini kemarin.

Dia mengatakan, perseroan akan terus ambil bagian dalam pengembangan teknologi alat utama sistem persenjataan (alutsista)
"Kami bangga dapat turut serta membangun kapal cepat rudal berteknologi tinggi yang murni dibuat oleh bangsa Indonesia," katanya.

Bank Mandiri, lanjut Zulkifli, telah mendukung pembiayaan alutsista sejak 2007 sambil menunggu ketentuan prinsip di regulasi perbankan

BACA JUGA: Indeks Rawan Profit Taking Lagi

Pembiayaan alutsista ini bersifat peminjaman dalam negeri sehingga memiliki sifat yang berbeda dengan kredit lainnya
"Selama ini, pengadaan alutsista TNI menggunakan skema kredit ekspor (KE), tapi skema ini kemudian diubah menjadi pinjaman dalam negeri," lanjutnya.

Dengan skema itu maka pinjaman tersebut menggunakan mata uang rupiah

BACA JUGA: Lion Air Operasikan 900ER ke-43

Dengan begitu pihaknya berharap TNI lebih cepat mendapatkan kucuran pinjaman untuk meningkatkan kemampuan armadanya"Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam pembiayaan pengadaan alutsista TNI," tegasnya.

Menurut Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri Sunarso, selain berkomitmen memberikan pinjaman bagi pembangunan infrastruktur nasional, pihaknya juga mendukung peningkatan ketahanan nasional"Hingga kini Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan alutsista mencapai Rp 388,78 miliar yang digunakan untuk pengembangan sistem persenjataan, radar, dan lainnya," kata dia.

Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Clurit-641 dibangun oleh Palindo, TanjunguncangKapal yang memiliki panjang 44 meter ini mampu melaju hingga kecepatan 30 knot yang sepenuhnya dikerjakan putra-putri IndonesiaSebagian besar material kapal perang tersebut pun diproduksi di dalam negeri"Sehingga, peluncuran kapal KCR-40 berbahan baja-alumunium ini ikut menandai sejarah baru industri perkapalan di Indonesia," sambutnya.

KRI Clurit dilengkapi sistem persenjataan modern (Sewaco/Sensor Weapon Control), di antaranya meriam kaliber 30mm enam laras sebagai sistem pertempuran jarak dekat (CIWS) dan peluru kendali 2 set Rudal C-705Bagian lambung KCR 40 terbuat dari baja khusus yang bernama High Tensile Steel"Baja ini juga diperoleh dari produsen dalam negeri yaitu PT Krakatau Steel," tukasnya.

Kapal dengan sistem pendorong fixed propeller lima daun itu juga dilengkapi dua unit senapan mesin caliber 20 mm di anjungan kapalPihaknya menjamin Bank Mandiri akan senantiasa memberikan pembiayaan bagi pembangunan ketahanan ekonomi maupun pertahanan nasional"Kita berharap TNI kita semakin kuat dan disegani," jelasnya(wir/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jamsostek Cairkan Tunggakan Rp 3 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler