Banten Tetapkan 4 Program Prioritas Pariwisata

Sabtu, 24 Februari 2018 – 01:28 WIB
Pantai Tanjung Lesung.

jpnn.com, BANTEN - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten menetapkan empat program prioritas pada 2018 dan 2019.

Salah satunya adalah penataan destinasi wisata demi meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

BACA JUGA: Telkomsel Fokus Digitalisasi Destinasi Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, penataan itu meliputi banyak aspek. Di antaranya, infrastruktur, lokasi parkir, akses, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sekitar destinasi.

Saat ini, salah satu destinasi yang sedang direvitalisasi adalah lokasi wisata ziara Banten Lama.

BACA JUGA: Telkomsel Jamin Koneksi di Destinasi Indonesia Timur

"Fokus lainnya penguatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata, dan pemasaran pariwisata," kata Eneng, Selasa (20/2).

Dia menambahkan, empat program prioritas itu akan dipisah sesuai masukan dari pemangku kebijakan pariwisata di Banten. Hal itu bertujuan mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat maupun daerah.

BACA JUGA: Capaian Giri Prasta-Ketut Suiasa 2 Tahun Pimpin di Badung

“Fokus kami tahun ini dan 2019 pada pengembangan destinasi wisata," kata Eneng.

Sesuai arahan gubernur, sambung Eneng, pengembangan destinasi merupakan salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, penataan destinasi akan membuat wisatawan makin lama tinggal di Banten.

"Kalau destinasi wisatanya bagus, nanti juga wisatawan bisa berhari-hari berada di lokasi tersebut. Mereka suatu saat akan kembali lagi datang ke objek wisata itu," kata Eneng.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Suharta mengatakan, pihaknya tidak mau mengesampingkan pariwisata. Sebab, industri pariwisata terbukti mampu menggerakkan banyak sektor.

"Terbukti, saat ini dibangun infrastruktur dari dan ke daerah tujuan wisata, revitalisasi kawasan Banten Lama, dan percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang sampai saat ini nilai investasinya sudah mencapai Rp 241 miliar," kata Ranta. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gandeng TRAVL, Pemkab Badung Gelar Kompetisi Rencana Liburan


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler