Capaian Giri Prasta-Ketut Suiasa 2 Tahun Pimpin di Badung

Minggu, 18 Februari 2018 – 23:32 WIB
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Foto: Radar Bali

jpnn.com, BADUNG - Duet I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa sudah genap dua tahun memimpin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Sabtu (17/2). Duet yang resmi dilantik memimpin Pemkab Badung pada 17 Februari 2016 itu mengaku telah menggulirkan program pro-rakyat dan membenahi infrastruktur yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Selain itu, Pemkab Badung selama dua tahun ini juga menggenjot kualitas pelayanan publik. “Untuk saat ini program yang sudah kami jalankan sepenuhnya adalah demi masyarakat Badung, tentu ini bukan memanjakan, tapi untuk menyejahterakan dan membahagiakan," kata Giri.

BACA JUGA: Gandeng TRAVL, Pemkab Badung Gelar Kompetisi Rencana Liburan

Lebih lanjut Giri menjelaskan, program pro-rakyat yang sudah digulirkan Pemkab Badung selama kepemimpinannya tertuang dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Isinya meliputi pembangunan bidang pangan, sandang, papan, infrastruktur, kesehatan pendidikan, pariwisata, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, adat, hingga agama dan budaya.

"Dalam bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten Badung telah menjalankan program pengoperasian 62 unit mobil ambulans desa yang didukung oleh 372 tenaga, serta pengoperasian satu unit mobil layanan kesehatan perempuan (deteksi dini kanker payudara nan kanker serviks, red)," jelas dia.

BACA JUGA: Fokus Pariwisata, Berau Kerja Sama dengan Kaltara

Sementara di sektor pendidikan, Pemkab Badung telah memberikan laptop kepada siswa SD negeri. Tujuannya adalah memudahkan siswa dalam proses pembelajaran.

"Termasuk pengadaan pakaian seragam siswa kelas satu SD negeri di Kabupaten Badung dan program pendidikan lainnya,” sebutnya.

BACA JUGA: Pariwisata Sumbang 23 Persen PAD Samarinda

Untuk program pangan, Pemkab Badung telah memberikan hibah alat-alat mekanisasi pertanian. Antara lain 12 unit traktor tangan, 30 unit pompa air, 20 unit rice transplanter (penanam padi) dan 10 unit power threser (pemisah gabah) untuk para petani setempat.

Pemkab Badung juga mengenjot program pro-rakyat di bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan. Ada program jaminan sosial kematian Krama Badung serta pembinaan kepada penyandang disabilitas dan warga lanjut usia miskin.


Adapun di bidang Agama, Pemkab Badung sudah memberikan hibah berupa Ada 122 unit mobil patroli untuk pecalang desa adat se-Kabupaten Badung.

"Selanjutnya dalam bidang pariwisata, Pemkab Badung makin meningkatkan promosi wisata ke dalam daerah maupun luar negeri. Khusus Infrastruktur, kami pembangunan dan peningkatan jalan, drainase dan trotoar di Kabupaten Badung," tambah dia.

Ke depan, Giri mengharapkan pemerintahannya bakal terus memperkuat promosi pariwisata yang bertujuan mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya sehingga menambah pendapatan asli daerah melalui pajak hotel dan restoran. "Kami juga sedang berupaya menggali potensi pariwisata yang belum tergarap," tutup dia.

Giri juga berharap agar program-program yang sudah dijalankan Pemkab Badung di era kepemimpinannya bisa memberikan kesejahteraan dan membahagiakan masyarakat setempat.

Ketua DPRD Pemkab Badung I Putu Parwata memberikan apresiasi terhadap dua tahun kinerja kepemimpian duet Giri-Suiasa. “Selama masa kepemimpinan Pak Bupati beserta wakilnya saya rasa kebutuhan dasar, wajib dan pilihan dari masyarakat sudah tercapai," kata dia.

Dia menambahkan, koordinasi antara DPRD dengan Pemkab Badung juga berjalan baik. “Kami juga akan fokus dengan program yang telah dirancang untuk mempercepat tata kelola dan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Parwata.(mam/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seperti ini Cara Kemenhub Dukung Pariwisata di Padang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler