Bantu Pemudik yang Alami Kendala di Jalan, Kemenhub Sediakan 11 Mobil Patroli, Gratis

Selasa, 26 April 2022 – 21:28 WIB
Kemenhub menyediakan 11 mobil patroli gratis untuk membantu pemudik yang mengalami kendala saat berada di jalan. Foto: Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 11 mobil patroli gratis untuk membantu pemudik yang mengalami kendala saat berada di jalan.

Adapun waktu pelayanannya untuk arus mudik dimulai 24 April-2 Mei 2022 dilanjutkan saat arus balik mulai 3-11 Mei 2022.

BACA JUGA: Mudik 2022, Kemenhub Terapkan Manajemen Lalu Lintas Paket Komplit

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan kendaraan tersebut dihadirkan sebagai bentuk kesiagaan pemerintah dalam mendukung Angkutan Lebaran yang aman.

"11 mobil patroli ini tidak dikenakan biaya sepeserpun dan dilengkapi peralatan penunjang kendaraan disertai juga tim kompeten yang akan membantu," kata Dirjen Budi Setiyadi.

BACA JUGA: Catat, Kemenhub Bakal Batasi Operasional Angkutan Barang Saat Mudik Lebaran 2022

Adapun peralatan yang disediakan dalam mobil patroli itu berupa Bahan Bakar Minyak (BBM), kunci-kunci, kabel jumper atau sling, dongkrak, makanan, dan minuman kemasan.

Dia menjelaskan mobil patroli pelayanan terbagi dalam beberapa rute yang menjadi prioritas jalur patroli pelayanan masyarakat.

BACA JUGA: Kemenhub Gelar Uji Konversi Kendaraan Listrik dan Kustomisasi

"Kami bekerja sama dengan pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan 3 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)," jelas Dirjen Budi.

Adapun ketiga BPTD tersebut, yakni BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah-DIY, dan BPTD Wilayah VII Provinsi Banten.

"Tim Ditjen Hubdat terdiri dari 4 tim dengan empat rute, yakni Lintasan Karawang-Subang, Lintasan Indramayu-Cirebon, Lintasan Brebes-Pemalang, dan Lintasan Pekalongan-Semarang," urai Dirjen Budi.

Selain itu, Dirjen Budi mengatakan BPTJ terdiri dari 2 tim dengan rute Lintasan Jakarta-Bekasi dan Lintasan Jakarta-Tangerang, BPTD Jabar terdiri dari 2 tim dengan rute Lintasan Purwakarta-Bandung (Nagrek), dan Lintasan Limbang-Banjar.

Sementara itu, BPTD Jateng-DIY terdiri dari 2 tim dengan rute Lintasan Semarang-Yogyakarta dan Lintasan Pejagan-Yogyakarta, serta BPTD Banten terdiri dari satu tim untuk Lintasan Serang-Merak.

Dirjen Budi berharap adanya mobil patroli pelayanan itu bisa melayani masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan baik, aman, dan masyarakat diimbau tetap terapkan protokol kesehatan. (jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub Kembali Buka Pendaftaran Mudik Gratis Senin Depan, jangan Sampai Kehabisan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler