Bantuan Vuvuzela, Penentuan Nasib Afsel

Rabu, 16 Juni 2010 – 06:14 WIB
BERSIAP - Pelatih Oscar Tabarez (kiri) berbicara kepada para pemain Uruguay, dalam sesi latihan di Kimberley, Sabtu (12/6), usai pertandingan perdana mereka. Menghadapi tuan rumah Afsel, Uruguay berencana tampil lebih agresif. Foto: AFP Photo/Rodrigo Arangua/FIFA.com.
BILA tidak ingin segera menjadi penonton di negeri sendiri pada Piala Dunia (PD) 2010, maka timnas Afrika Selatan (Afsel), harus menang di laga dini hari nantiSeperti diketahui, di pertandingan keduanya ini mereka akan melawan Uruguay (tayangan langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Dengan bermodal satu poin dari hasil imbang melawan Meksiko di partai perdana grup A, bila menang atas Uruguay, Bafana Bafana - julukan Afsel - bisa mengemas empat poin

BACA JUGA: Pilih Mendukung Semua Tim

Belum memastikan lolos memang, tapi setidaknya memuluskan langkah ke perdelapan final.

Kalau tiga angka gagal dicapai, maka tugas Steven Pienaar dkk akan lebih berat lagi pada pertandingan pamungkas
Sebab, lawan yang mereka hadapi adalah juara PD 1998, Prancis

BACA JUGA: Penumpang Bus Beralih ke Kereta

Kendati labil, Prancis tetap merupakan tim sarat bintang.

Problemnya, tidak akan mudah melawan Uruguay
Bahkan, mereka justru dianggap sebagai underdog

BACA JUGA: Dari Meksiko Bawa Tiruan Piala

Status tuan rumah bukanlah jaminanHal itu membuat para punggawa Afsel berharap adanya bantuan dari pendukung fanatik mereka, serta vuvuzela - terompet khas Afsel.

"Yang kami butuhkan adalah dukungan dan kepercayaan dari fans yang merupakan pemain ke-12 dalam tim kamiDan, kami juga berharap keuntungan dari vuvuzelaKami sama sekali tidak terganggu," ujar Aaron Mokoena, kapten Afsel, seperti dikutip Canadian Press.

:TERKAIT Selama ini, vuvuzela, alat musik khas negeri itu, kerap disebut menjadi pengganggu bagi sejumlah timMereka terganggu lantaran suara vuvuzela yang melengking dan membuat kesulitan berkomunikasi serta merusak konsentrasi.

Namun, bagi Bafana Bafana, suara keras dari vuvuzela justru menjadi penambah semangat"Kami telah mendapatkan dukungan yang hebat dari suporterKami butuhkan mereka untuk bisa melaju ke babak berikutnya," kata Sibonisa Gaxa, bek Afsel.

Pelatih Afsel Carlos Alberto Parreira menilai, timnya hanya tegang di partai pertama dan akan teratasi pada laga berikutnya"Saya yakin kebekuan itu akan terpecahkan, dan tim ini akan lebih percaya diri di laga berikutnya," papar Parreira.

Di sisi lain, Uruguay yang membuat Prancis yang kurang tajam di laga perdana, berambisi untuk meraih kemenangan dan mengakhiri rekor buruk dengan tidak pernah lolos dari penyisihan grup sejak PD 1990Bahkan, pelatih Uruguay Oscar Tabarez, punya rencana untuk tampil lebih agresif pada laga keduaBila duet Diego Forlan-Luis Suarez masih gagal menjebol gawang Afsel, maka Tabarez menyiapkan Edinson Cavani untuk menambah daya dobrak.

"Semua tim sekarang memiliki peluang yang samaGrup ini sangat berimbang, dan pertandingan kedua akan sangat krusialKami ingin menang dan itulah cara agar menjaga peluang melaju ke babak berikutnya," beber Tabarez(ham)

Perkiraan Pemain


Afsel (4-5-1): 16-Khune (g); 2-Gaxa, 4-Mokoena, 20-Khumalo, 15-Thwala; 8-Tshabalala, 13-Dikgacoi, 10-Pienaar, 12-Letsholonyane, 11-Modise; 9-Mphela
Pelatih: Carlos Alberto Parreira

Uruguay (4-4-2): 1-Muslera (g); 6-Victorino, 2-Lugano, 3-Godin, 11-APereira; 16-MPereira, 15-DPerez, 17-Arevalo, 18-Gonzalez; 10-Forlan, 9-Suarez
Pelatih: Oscar Tabarez

Stadion: Loftus Versfeld

Di atas kertas
Status tuan rumah bukan berarti Afsel lebih difavoritkan menang di laga nantiSecara teknis, Uruguay lebih diunggulkanNamun, yang tidak bisa ditepikan adalah semangat berlipat Afsel, karena mereka bertanding di hadapan publik sendiri.

Bursa Asian Handicap
Afsel  v Uruguay    1/4 : 0

Lima Laga Terakhir
Afsel
11/06/10 Meksiko          1-1
05/06/10 Denmark        0-0
31/05/10 Guatemala     5-0
27/05/10 Kolombia        2-1
24/05/10 Bulgaria          1-1
Uruguay
11/06/10 Prancis           0-0
27/05/10 Israel               4-1
03/03/10 Swiss              3-1
18/11/09 Kosta Rika     1-1
14/11/09 Kosta Rika     1-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Faktor Robben-Sneijder di Oranje?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler