Faktor Robben-Sneijder di Oranje?

Senin, 14 Juni 2010 – 04:21 WIB
SKUAD - Pelatih Bert Van Marwijk saat memimpin latihan timnas Belanda di Wits University, Johannesburg, Senin (7/6) lalu. Foto: AFP Photo/Thomas Coex/FIFA.com.

SIAPA pemain yang bakal bersinar di Piala Dunia (PD) 2010? Menurut mantan bintang Oranje, Ruud Gullit, Wesley Sneijder-lah orangnyaYa, Sneijder memang termasuk salah satu bintang Belanda sekaligus di ajang PD kali ini yang menjadi sorotan

BACA JUGA: Salat Jumat di Sandton City

Sosok satunya lagi, adalah Arjen Robben yang kini masih berstatus cedera - namun masih menghuni skuad Oranje
Bukan kebetulan, kedua pemain memang juga dikenal dekat.

Khusus untuk Sneijder, melihat penampilannya selama semusim terakhir di Inter Milan, tidak sulit membayangkan dia bakal tampil brilian di Afrika Selatan (Afsel)

BACA JUGA: Menikmati Masakan Faieeza

Bahkan, Gullit pun berani menjagokan gelandang serang berusia 26 tahun itu untuk menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen.

"Belanda bisa melaju jauh sekali, jika para pemainnya konsisten menampilkan permainan seperti yang selama ini mereka tunjukkan," ungkap Gullit kepada harian Italia, La Gazzetta dello Sport
"Apalagi, mereka punya pemain spesial, yakni Sneijder

BACA JUGA: Di Balik Cerita Waka Waka

Anak itu (Sneijder, Red) punya otak, dan bakal jadi bintang turnamen," lanjutnya.

Yang dimaksud Gullit, Sneijder merupakan pemain yang tidak hanya bisa bekerja keras, tapi juga cerdikKemampuannya sebagai pengatur serangan Inter Milan sudah berbuah tiga trofi musim lalu, yakni Serie A, Coppa Italia dan Liga ChampionsKolaborasinya dengan bomber-bomber tajam macam Robin van Persie maupun Robben - jika sudah fit - bakal mengantar Belanda ke puncak.

"Wesley adalah pemain bagus, dan akan selalu begituFlorentino Perez (Presiden Real Madrid, Red) membuat kesalahan besar dengan menjualnya ke InterDia juga salah karena menjual Robben," papar Gullit"Perez menyadarinya, dan pasti sangat menyesalBagaimana mungkin dia menjual pemain-pemain sebagus mereka?" imbuh mantan pelatih Newcastle dan Los Angeles Galaxy tersebut.

Namun, kendati yakin Sneijder bakal bersinar, Gullit menegaskan bahwa faktor dia saja tidak cukup untuk membawa Belanda ke puncak tangga juaraSetiap kampiun memiliki mental juara, dan itulah yang belum ada di skuad Belanda saat iniLantas, tim mana yang dijagokan Gullit? "SpanyolMerekalah yang secara tim paling kuat saat iniBuat saya, peluang Spanyol menjadi juara, jauh di atas tim-tim lain," yakinnya.

:TERKAIT Sementara itu, Robben yang sempat dirawat sendiri, akhirnya tiba di Johannesburg Sabtu malam laluKendati sudah pasti tidak diturunkan dalam laga perdana melawan Denmark nanti malam, kedatangannya disambut gembira oleh rekan-rekannya yang sudah lebih dulu berlatih di AfselMenurut mereka, kehadiran winger berusia 26 tahun tersebut memupus kekhawatiran yang sudah membayang sejak Robben mendapat cedera hamstring, pekan lalu.

Ya, Belanda sempat dicekam ketakutan bahwa mereka akan mengalami nasib seperti Inggris atau Jerman, yang kehilangan pilar-pilar pentingnya sesaat jelang turnamenMeski tim dokter bilang cedera Robben tidak parah, mereka belum bisa menyingkirkan kekhawatiran tersebutBaru setelah Robben bergabung dengan tim, konfidensi mereka kembali terdongkrak.

"Dengan kekuatan yang sekarang, kami harus bisa mencapai semifinalItu target minimal," tegas Robin van Persie, tukang gedor Belanda, kepada Sky Sports"Itu keharusanTerlebih jika Anda lihat pemain-pemain yang dibawa pelatihMereka semua adalah binaan tim-tim besar," lanjut striker Arsenal tersebut.

Pelatih Bert van Marwijk, meski mengaku gembira, tidak mau terburu-buru menyikapi kedatangan RobbenDia bergeming pada keputusannya, yakni tidak memainkan Robben di laga perdanaDia lebih suka menunggu beberapa saat, sampai mantan gelandang Real Madrid itu mendapat lampu hijau dari tim medis untuk kembali ke lapangan.

"Saya tidak mau mengambil keputusan gegabahSejak cedera, dia (Robben, Red) baru berlatih sekaliDia juga hanya main selama 40 menit sepanjang tiga pekan iniSelain masih cukup riskan, kondisi dia juga belum siap dimainkan di pertandingan level tinggi," papar Van Marwijk kepada radio NOS.

Ketika tiba di Johannesburg, Robben tampak segar dan bersemangatPemain yang musim lalu mempersembahkan dua gelar buat Bayern Munchen itu menceritakan proses pemulihannya bersama fisioterapis Dick van ToornProses yang berjalan selama sepekan penuh itu sedikit mengganggu kondisi psikologisnya, tapi kini dia sudah sepenuhnya fit.

"Sepekan itu sangat tidak mudahSaya punya hubungan cinta sekaligus benci dengan Dick (van Toorn)Jadi proses pemulihannya agak terganggu," ungkap Robben kepada De Telegraaf"Lalu saya berpikir, untuk apa saya menyiksa diri sendiriSetelah faktor psikologis itu teratasi, semua jadi lebih mudah," imbuhnya.

"Kondisi saya sekarang sudah benar-benar okeTidak akan ada masalah lagiMeski tidak main di laga pertama, berada di Afsel lebih cepat tetap berguna untuk beradaptasi dengan iklim dan ketinggian Johannesburg," paparnyaSayang, bagi pecinta Belanda khususnya, sejauh ini Van Marwijk belum bersedia menyebutkan tanggal pasti Robben bisa diturunkan(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tetap Berdiski Meski Seri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler