Banyak juga Kelompok Sukarelawan Pendukung Ganjar Maju Pilpres 2024

Kamis, 01 Juli 2021 – 22:19 WIB
Sukarelawan Ganjarist berfoto usai mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo sebagai Capres 2024. ANTARA/HO-Ganjarist

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok sukarelawan pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai salah seorang kandidat pada Pemilihan Presiden 2024, bermunculan di sejumlah daerah.

Terbaru, sukarelawan di 14 daerah mendeklarasikan diri sebagai 'Ganjarist'.

BACA JUGA: Buruan Daftar, Ada 930 Formasi CASN Untuk Pemkot Yogyakarta

"Sebanyak 14 daerah serentak melakukan deklarasi 'Ganjarist' pada 1 Juli 2021 ini," ujar Ketua Umum Ganjarist Nasional Mazdjo Pray dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Kamis (1/7).

Menurut Mazdjo, Ganjarist di 14 daerah yang baru terbentuk menambah jumlah daerah-daerah lain yang sudah memantapkan diri memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Basarah Jawab Rumor Pilpres Bakal Kembali Dilakukan oleh MPR

Deklarasi bersama ke 14 daerah dilakukan setelah melalui persiapan matang.

Mazdjo menyebut pihaknya telah menyusun semacam standar operasional prosedur (SOP) untuk daerah-daerah yang ingin bergabung dengan Ganjarist.

BACA JUGA: Gus Jazil Singgung Soal PDIP di Daerah Banyak Pasang Gambar Puan Maharani

"Fokus kami saat ini merapikan sistem organisasi dan memperluas basis dukungan di berbagai daerah," katanya.

Menurut dia, antusiasme publik sangat tinggi, terbukti dengan permintaan pembentukan Ganjarist di seluruh Indonesia.

"Bahkan dari luar negeri," ujar Mazdjo Pray.

Sampai saat ini, kata dia, ada 27 Ganjarist level provinsi yang masih dalam proses verifikasi untuk mendeklarasikan gerakan Ganjarist di berbagai wilayah.

Sedangkan pada level kabupaten/kota, setidaknya ada ratusan sukarelawan daerah yang sedang diproses untuk segera mendeklarasikan diri.

"Nah, ke-14 daerah yang deklarasi ini telah lolos verifikasi. Mereka mendeklarasikan Ganjarist sesuai SOP yang telah kami buat," ucapnya.

Dia menyebut kota dan kabupaten yang mendeklarasikan dukungan antara lain Jakarta Utara, Depok, Pekanbaru, Klaten, Madiun, Magetan, Jakarta Pusat, Nganjuk, Kediri, Jombang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Lampung, Jakarta Selatan, Bogor Raya, Kediri, dan Solo Raya.

"Kami tidak mau sembarangan menerima permintaan pembentukan Ganjarist di berbagai daerah."

"Kami lakukan verifikasi yang ketat, menyamakan persepsi dan langkah agar roda organisasi berjalan lebih efektif," katanya.

Ganjarist saat ini telah berdiri di 54 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Jumlah itu di luar 14 daerah yang baru mendeklarasikan diri.

Dia menyatakan salah satu tugas para pengurus Ganjarist di kabupaten/kota ini adalah menginisiasi pembentukan Ganjarist tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Semuanya untuk memperkenalkan kinerja dan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat yang lebih luas," ucapnya.

Deklarasi Ganjarist di Jakarta sebulan lalu, kata Mazdjo, telah menjadi inspirasi tumbuhnya berbagai kelompok sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo.

Seperti Teman Ganjar, Seduluran Ganjar Pranowo, GP-Mania, DAG dan banyak lagi yang lain.

"Menurut catatan kami sampai saat ini ada 36 kelompok sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang terbentuk," katanya lagi.

Wakil Ketua Ganjarist Kris Chantra menyebutkan, organisasinya berupaya membangun komunikasi dengan organ sukarelawan pendukung Ganjar lainnya.

"Tujuan kami sama. Harapan kami sama. Karena itulah kami saling bekerja sama," katanya.

Ganjarist saat ini mulai menggelar berbagai kegiatan.

Dalam masa pandemi ini, tim sukarelawan Ganjarist menerjemahkan gaya Ganjar di Jawa Tengah untuk terus-menerus memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya COVID-19.

Ganjarist membentuk tim-tim kecil berjalan dari kampung ke kampung, ke pasar, ke tempat umum untuk mengingatkan masyarakat agar memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan.

"Kami melihat Pak Ganjar tidak pernah lelah melakukan ini. Kami membawa semangat Pak Ganjar untuk langsung bekerja buat kepentingan masyarakat," katanya pula.(Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler