Barcelona v Real Madrid: Bakal Beda

Senin, 29 November 2010 – 14:20 WIB
Para pemain Barcelona dan Real Madrid dalam salah satu laga El Clasico terdahulu. Foto: Internet.
BARCELONA - Rivalitas klasik Barcelona dan Real Madrid mencapai puncaknya dini hari nantiDalam laga bertajuk el clasico itu, kedua tim bakal bentrok tidak hanya berjuang untuk gengsi dan reputasi

BACA JUGA: Laga Pramusim LPI Tak Sesuai Rencana

Tapi tiga poin juga sangat krusial untuk menentukan siapa yang bakal menutup jornada ke-13 ini sebagai pemimpin klasemen.

Ya, saat ini Real masih menduduki puncak dengan 32 poin, atau hanya satu angka di atas Barca
Jika kalah, sudah pasti Cristiano Ronaldo dkk harus menyerahkan takhta klasemen kepada rival klasiknya tersebut

BACA JUGA: Pancing Sukses Piala AFF dengan Mobil

Itulah yang membuat penggawa kedua kubu lebih bersemangat menyambut laga klasik edisi ke-1621 tersebut (tayangan langsung tvOne pukul 03.00).

Jika melihat fakta sejarah, El Barca - sebutan Barcelona - yang bertindak sebagai tuan rumah kali ini boleh diunggulkan
Selama dua musim terakhir, tak sekalipun mereka gagal merebut kemenangan atas Real

BACA JUGA: Skuad Merah Putih Siap Tempur

Yang paling spektakuler, pada pertemuan kedua 2008/2009, Lionel Messi dkk mempecundangi Real 6-2 di Santiago Bernabeu!

Namun, kubu Real menjanjikan perbedaan untuk edisi kali ini"Saya pikir ceritanya akan berbeda musim iniKami punya sejumlah modal untuk menang," tegas Ronaldo kepada AFP.

"Kami belum pernah kalah satu laga pun, yang mana sangat penting membangun kepercayaan diri kamiSaya tahu el clasico bakal sangat sulitTapi kami sudah membuktikan soliditas di beberapa game terakhir, dan kami berharap mendapat hasil yang bagus," lanjutnya.

Kalau ada satu hal yang membuat Los Blancos - sebutan Real - musim ini jauh berbeda dengan sebelumnya adalah faktor Jose MourinhoPelatih asal Portugal itu diharapkan mampu mematahkan kutukan Real dalam dua musim terakhirPenyebabnya simpel, saat masih menangani Chelsea dan Inter Milan, dia selalu berhasil membawa tim yang ditanganinya mengalahkan Barca.

Berdasarkan pengalaman, Mourinho punya kunci jitu mematikan permainan BarcaYakni, bermain dengan strategi berlawanan dengan yang dipakai pasukan Josep Guardiola tersebutSo, kalau biasanya mereka mendominasi ball possession dengan umpan-umpan pendek, Real harus meladeninya dengan umpan panjang yang langsung mengarah ke kotak penalti Barca.

"Kalau menuruti cara main mereka, tim mana pun pasti kalahKami harus mengarahkan bola langsung ke daerah pertahanan mereka dengan bola-bola panjang untuk mengejutkan mereka," jelasnya kepada Marca"Barca punya masalah besar dalam membangun soliditas di tengah lagaKarena itu, kami harus menghalangi mereka menemukan form sejak menit pertama," lanjut pelatih 47 tahun tersebut.

Real dipastikan bisa menerjunkan skuad terbaiknya dalam laga iniBahkan, Gonzalo Higuain dan Sami Khedira bakal fit karena diistirahatkan saat Real menghajar Ajax Amsterdam 4-0 di Liga Champions Selasa lalu (23/11)Khedira, dan juga bek tengah Ricardo Carvalho secara khusus disiapkan Mourinho untuk meredam pergerakan Messi yang tengah on form.

Di sisi lain, kubu Barca menepis anggapan bahwa keberadaan Mourinho bakal mengubah total kekuatan RealSebaliknya, mereka percaya bahwa kemenangan Mourinho bersama Chelsea dan Inter tidak akan terulang bersama RealMereka juga tidak takut Mourinho bakal menerapkan strategi bertahan total seperti kala membawa Inter mengalahkan Barca 3-1 di leg pertama semifinal Liga Champions musim lalu.

"Pertandingan di liga akan selalu berbeda dengan fase knockout turnamen besarSaya tidak tahu bagaimana Real akan bermain, tapi saya tahu bagaimana kami akan bermain," ucap kapten Barca Carles Puyol kepada situs resmi klub.

"Yang saya tahu, pertahanan Real musim ini lebih bagusMereka cepat dalam melakukan transisi, dan mereka punya pemain-pemain tangkas yang membuat segalanya berbedaTapi secara umum gaya mereka tidak akan banyak berubah, dan kami siap menghadapi apa pun," ulas bek tengah Barca tersebut.

Barca juga mewaspadai motivasi Real yang sangat tinggi untuk mematahkan rekor kekalahan di empat laga terakhir"Real akan datang ke Nou Camp dengan mengusung misi revansSejak kami menang 6-2 di Bernabeu dua musim lalu, mereka akan selalu penasaran mengalahkan kami di kandangMereka punya potensi kuat, tapi kami akan menang," tegas Messi kepada Sport(na/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (g), 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol (C), 19-Maxwell; 6-Xavi, 16-Busquetz, 8-Iniesta; 10-Messi, 7-David Villa, 17-Pedro
Pelatih: Josep Guardiola

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas (g/C), 4-Sergio Ramos, 2-Carvalho, 3-Pepe, 12-Marcelo; 24-Khedira, 14-Alonso; 22-Di Maria, 23-Oezil, 7-Ronaldo; 20-Higuain
Pelatih: Jose Mourinho

Head to Head
10/04/10  Real Madrid     v    Barcelona    0-2
29/11/09  Barcelona        v    Real Madrid     1-0
02/05/09  Real Madrid     v    Barcelona     2-6
13/12/08  Barcelona        v    Real Madrid     2-0
07/05/08  Real Madrid     v    Barcelona     4-1

Di atas kertas
Dalam satu dekade terakhir, Barcelona memang lebih dominan atas Real MadridDari 20 laga, Barca menang delapan kali, sementara Real hanya enam kaliReal pernah mempecundangi Barca di Nou Camp pada 2003 dan 2007.

Bursa Asian Handicap
Barcelona v Real Madrid     0 : 1/4

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bela Etoo, Matrix Sindir Zidane


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler