Batik Kalah Saing dengan Baju Timnas Garuda

Kamis, 23 Desember 2010 – 16:37 WIB
JAKARTA - Euforia timnas Garuda yang lolos ke babak final Piala AFF Suzuki 2010, mendatangkan rezeki pula bagi para pedagang bajuMeski bukan keluaran asli, namun baju bola dengan hiasan burung Garuda laris-manis terjual di pusat-pusat perbelanjaan Jakarta khususnya.

Dari pantauan JPNN, Kamis (23/12) di Blok M misalnya, hampir seluruh toko baju, baik grosir maupun eceran yang menjual baju bola bergambar Garuda, itu dipenuhi pembeli

BACA JUGA: Bank BJB Incar Kredit Rp 30 Triliun

Selain itu, baju dengan nomor punggung pemain Irfan Bachdim (nomor 17) dan Christian Gonzalez (9), juga tampak paling banyak diburu.

Salah seorang penjual baju, Nadia (25 tahun), mengatakan bahwa sejak tim Indonesia menampilkan permainan cemerlang di Piala AFF, penjualan baju dengan nuansa Merah Putih memang terus diburu
Bahkan hampir setiap hari katanya, penjual baju di Blok M sampai kehabisan stok.

"Kami harus mengantri di grosir baju sampai Subuh, untuk bisa mendapatkan baju Garuda dari Bandung

BACA JUGA: Hadapi Persaingan Pertamina Berbenah

Karena produksinya di luar kota, banyak penjual dari Jakarta yang harus pesan jauh hari," kata Nadia pula.

Kemenangan demi kemenangan timnas Indonesia, memang juga membawa keberkahan bagi para pedagang ini
Bahkan Arto (29), rekan Nadia sesama penjual baju, mengaku bisa meraup keuntungan Rp 5-8 juta dalam sehari

BACA JUGA: BNI Sediakan Layanan Perbankan PHE ONWJ

"Awalnya saya jualan baju batikTapi sejak Piala AFF ini, dan permintaan tiap hari (yang) terus meningkat, akhirnya saya dan teman-teman beralih menjual baju pernak-pernik tim Indonesia," katanya.

Memang, bukan hanya baju berwarna merah khas tim Indonesia saja yang diburu, namun segala sesuatu pernak-pernik dengan gambar Garuda Indonesia, seperti syal dan topi, juga menjadi incaranTidak hanya itu, tukang bordir nama pun ikut kecipratan rezekiPasalnya, banyak juga di antara pembeli yang sudah membeli baju, ingin mencantumkan nama mereka di samping lambang Garuda di dada.

"Ini sudah yang ketiga kalinya saya kembali lagi ke siniTadi pagi sebenarnya sudah beli, tapi anak saya dan anak tetangga juga mau nitip baju yang samaSekarang satu rumah sudah punya semua," kata Nur Aini (34), salah seorang pembeli.

Untuk kalangan pembeli sendiri, ternyata mereka tak hanya datang dari JakartaBeberapa pembeli dari luar kota juga terlihat ikut memborong baju bernuansa tim Merah Putih dalam jumlah yang besarKatanya, itu sebagai oleh-oleh menjelang laga final yang akan digelar 26 dan 29 Desember mendatang.

Karena sedang menjadi buruan, harga baju olahraga dan pernak-pernik bola itu pun hampir merata mengalami kenaikanUntuk baju kaos, harganya mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 120.000Sedangkan untuk jaket bergambar Garuda, dipasarkan mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 150.000Untuk topi dan syal harganya pun bervariasi, yakni antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

"Mudah-mudahan Indonesia menang, menang dan menang terusKami belum pernah menjual baju olahraga selaris sekarang iniSemoga setelah AFF, ada lagi pertandingan berikutnya," ujar Nadia, yang mengaku berdoa khusus untuk Gonzalez dan kawan-kawan agar menang di laga final nanti(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Djarum Kuasai Mayoritas Saham BCA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler