Bawaslu Bentuk Tim Khusus Awasi Gudang Logistik Pilkada 2024

Jumat, 04 Oktober 2024 – 18:28 WIB
Ketua Bawaslu Maluku Subair. (ANTARA/Winda Herman).

jpnn.com - AMBON - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku tak ingin kecolongan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Caranya, antara lain dengan membentuk tim khusus. Tim ini nantinya bertugas memantau langsung gudang penyimpanan logistik Pilkada 2024.

BACA JUGA: Ingat, Dana Kampanye Tak Boleh Lebih dari Rp 32 Miliar

“Kami buat tim khusus yang memantau secara langsung ke lokasi-lokasi penyimpanan dan distribusi logistik pilkada. Tim khusus ini juga yang akan mengawasi jalannya pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di Maluku," ujar Ketua Bawaslu Maluku Subair, di Ambon, Jumat (4/10).

Menurut Subair, pembentukan tim khusus diambil untuk meningkatkan transparansi dan integritas dalam pilkada serta mencegah terjadinya penyalahgunaan dan kecurangan.

BACA JUGA: Penyelenggara Pilkada Penting Memahami Kriteria Pindah Memilih

Menurutnya, pembentukan tim khusus sejalan dengan komitmen Bawaslu, yaitu menjaga kepercayaan publik terhadap proses pilkada dan memastikan semua tahapan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, pembentukan Timsus juga merupakan respons terhadap kebutuhan pengawasan yang lebih ketat menjelang pemungutan suara.

BACA JUGA: Simak Jadwal & Kisi-kisi Debat Terbuka Cagub-Cawagub Jateng 2024

“Jadi, bukan soal berapa jumlah pengawas yang nanti dilibatkan. Paling penting itu kami mengawasi secara maksimal seluruh proses tahapan pendistribusian logistik selain pengawasan kampanye yang sedang berjalan,” ucapnya.

Dia mengatakan dalam menjalankan tugasnya Timsus akan melakukan serangkaian kegiatan. Mulai dari pemeriksaan kondisi fisik barang logistik, hingga verifikasi jumlah dan jenis logistik yang disimpan dalam keadaan aman.

Timsus juga memastikan bahwa proses distribusi logistik ke masing-masing daerah pemilihan berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan dan semua proses pemilu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Timsus ini juga akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk menjaga keamanan logistik pemilu menjelang hari H.

Bawaslu berharap langkah ini dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses Pilkada 2024.

“Koordinasi dengan instansi terkait penting untuk mencegah potensi masalah yang dapat mengganggu proses Pilkada.Kami akan melakukan patroli rutin dan memantau setiap perkembangan yang terjadi,” katanya.

Lebih lanjut, Bawaslu Maluku akan melibatkan masyarakat dalam proses pengawasan ini. Masyarakat diimbau untuk melaporkan jika menemukan hal-hal yang mencurigakan terkait logistik pemilu.

“Peran serta masyarakat vital dalam menjaga keutuhan dan keamanan proses pemilu. Kami mengajak semua pihak untuk aktif berpartisipasi,” ajaknya.

Dengan adanya Timsus ini, Bawaslu Maluku berharap dapat menciptakan suasana pemilihan yang kondusif dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelaksanaan Pilkada.

“Kami percaya bahwa dengan pengawasan yang ketat dan kolaborasi yang baik, kita dapat bersama-sama menciptakan pemilihan yang bersih dan berintegritas,” kata Subair. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Kampanye Hitam Pada Pilkada 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler