Bawaslu Tak Mau Kecolongan, Pantau Secara Ketat Kinerja Pantarlih

Selasa, 25 Juni 2024 – 12:29 WIB
Ketua Bawaslu Luwu Irpan. ANTARA/HO/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com - MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu, Sulawesi Selatan tidak mau kecolongan pada kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk Pilkada 2024.

Untuk itu Bawaslu Luwu Sulawesi Selatan terjun langsung mengawasi secara ketat kegiatan coklit data pemilih serentak 2024 oleh petugas pantarlih.

BACA JUGA: Hampir Seribu Pantarlih di Daerah Turun Lakukan Coklit

"Jangan sampai pada saat pelaksanaan coklit, pantarlih ini tidak paham apa yang menjadi tugasnya. Karena data pemilih ini adalah bagian krusial dari pemilu dan pemilihan,” ujar Ketua Bawaslu Luwu Irpan dalam keterangannya, Selasa (25/6).

Dia mengatakan proses pencocokan data pemilih telah dimulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

BACA JUGA: KPU Ingatkan Pantarlih Hal yang Satu ini Sangat Penting

Jajaran pengawas pemilu dalam proses pengawasan harus bisa memastikan pantarlih yang telah dilantik mendapatkan bimbingan teknis sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan pedoman terbaru dari KPU.

Irpan menyebut tahapan coklit merupakan tahapan krusial karena hak-hak pemilik suara berada pada pencocokan data dari petugas pantarlih.

BACA JUGA: Pilgub Sumut Memanas, Nikson Nababan Tak Gentar Hadapi Petahana hingga Menantu Jokowi

"Ini tahapan yang krusial dan untuk menjaga kualitas demokrasi yang baik, maka pengawasan ketat harus dilakukan. Petugas pantarlih ini memegang peranan penting karena dari proses coklitnya itu para pemilik suara bisa menggunakan hak pilihnya nanti," ucapnya.

Irpan mengatakan pihaknya sudah melakukan pemetaan beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Luwu termasuk wilayah yang baru saja terdampak banjir bandang dan tanah longsor.

Pada daerah yang terdampak bencana alam itu banyak warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah dan tidak sedikit yang mengungsi karena terjangan tanah longsor dan banjir bandang.

"Ini yang menjadi fokus kami sekarang, para pemilih di beberapa wilayah yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor. Itu masih banyak yang mengungsi dan ini mau kami pastikan, apakah mereka terdata dan didatangi pantarlih atau tidak," ucap Irpan. (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Bakal Calon Wali Kota Bogor 2024 dari PKS, Satu Suara


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler