Bayi Tidak Tidur Sepanjang Malam, Orang tua Perlu Khawatir?

Senin, 18 Februari 2019 – 23:12 WIB
Ilustrasi bayi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah bayi tidur sepanjang malam pada saat mereka berusia satu tahun? Faktanya sebagian besar ternyata tidak.

Hanya 57 persen bayi tetap tidur selama delapan jam berturut-turut pada usia satu tahun, hal ini menurut temuan peneliti Kanada.

BACA JUGA: Stres Picu Berat Badan Bertambah, Ini Penjelasannya

Studi mereka juga menunjukkan bahwa, bertentangan dengan kebijaksanaan umum, suasana hati seorang ibu tidak bergantung pada bayi yang tidur sepanjang malam.

Tidur total, termasuk tidur siang, mungkin lebih penting daripada mendapatkan delapan jam berturut-turut, mereka menulis dalam jurnal Pediatrics.

BACA JUGA: Patah Hati Meningkatkan Risiko Kematian?

"Jika hanya ada satu hal yang bisa saya ceritakan kepada orang tua, jangan khawatir jika bayi Anda tidak tidur sepanjang malam pada usia enam bulan," kata Marie-Helene Pennestri dari McGill University, yang memimpin tim studi, seperti dilansir laman Today, Minggu (17/2).

"Tidur sepanjang malam pada usia 6 hingga 12 bulan umumnya dianggap sebagai standar emas di negara-negara Barat dan pelatihan perilaku tidur (seperti menangis terkontrol) populer di kalangan orang tua dan profesional," jelas Pennestri.

BACA JUGA: Atasi Perut Kembung dengan 8 Cara ini

Peneliti melihat survei orang tua dari 388 bayi berusia hingga enam bulan, dan kemudian memeriksanya kembali pada saat bayi berusia satu tahun.

"Pada usia 6 bulan, menurut laporan para ibu, 38 persen bayi belum tidur setidaknya 6 jam berturut-turut di malam hari dan lebih dari setengah (57 persen) tidak tidur selama 8 jam," tambah Pennestri dan rekannya.

Pada usia 12 bulan, 28 persen bayi belum tidur enam jam di malam hari dan 43 persen tidak tidur 8 jam.

Pennestri, yang seorang peneliti tidur, mendapat ide untuk studi ini setelah menjadi orang tua.

Banyak orang tua yang lebih stres mengupayakan bahwa bayi mereka harus tidur sepanjang malam.

Sementara dokter mungkin khawatir bahwa orang tua baru mungkin rentan terhadap depresi jika mereka terlalu sedikit tidur, tim peneliti tidak menemukan hubungan antara berapa lama bayi tidur di malam hari dan suasana hati ibu.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan dalam perkembangan kesehatan bayi dan mereka mengikuti bayi-bayi itu sampai mereka berumur 3 tahun.

Tidak ada perbedaan dalam perkembangan pada bayi yang tidur sepanjang malam dan mereka yang tidak tidur.

Satu faktor memang penting, peneliti menemukan bayi yang disusui lebih mungkin bangun setidaknya sekali pada malam hari.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Terhindar dari Stres Selama Seminggu


Redaktur : Yessy
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler