BAZNAS bersama Sedekah Konsumen Alfamart Resmikan Rumah Sehat di Kendal

Sabtu, 27 Juli 2024 – 10:51 WIB
BAZNAS bersama Sedekah Konsumen Alfamart meresmikan rumah sehat di Kendal, Jawa Tengah. Foto: BAZNAS

jpnn.com, KENDAL - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Alfamart meresmikan Rumah Sehat BAZNAS (RSB) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pembangunan RSB ini merupakan bagian dari sedekah/donasi konsumen Alfamart periode Juli-November 2023 sebesar Rp1.590.702.219 yang disalurkan BAZNAS untuk bidang kesehatan.

BACA JUGA: Bersama POROZ, BAZNAS Berdayakan Mustahik Melalui Program ZAuto

RSB Kendal diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu agar tersentuh layanan kesehatan secara gratis.

Dengan melibatkan tenaga medis yang kompeten, RSB Kendal akan dikelola secara profesional oleh BAZNAS dengan dukungan pemerintah setempat.

BACA JUGA: Dorong Potensi Zakat, BAZNAS Berikan Rekomendasi Izin Pembentukan Tiga LAZ

Peresmian ini dihadiri langsung oleh jajaran Pimpinan BAZNAS RI, Manajemen Alfamart, dan Pemerintah Kabupaten Kendal, Rabu (24/7).

Ketua BAZNAS Prof Dr KH Noor Achmad MA, mengatakan RSB Kendal hadir untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat.

BACA JUGA: BAZNAS Luncurkan Program Beasiswa Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024

"Berdirinya RSB Kendal karena BAZNAS ingin memberikan jaminan pelayanan kesehatan gratis, perluasan keanggotaan BPJS masyarakat, fasilitas rawat inap, serta mendukung program kesehatan nasional secara preventif, promotif, rehabilitasi," kata Kiai Noor.

Kiai Noor menyebut, RSB Kendal merupakan hasil dari kerja sama antara BAZNAS bersama Pemkab Kendal serta kontribusi dari sedekah/donasi bebas konsumen Alfamart. RSB Kendal ini, kata Kiai Noor, menjadi satu-satunya Klinik Pratama milik BAZNAS dengan skema Klinik Pratama Rawat Inap.

"Rumah sakit ini merupakan hasil kerja sama BAZNAS RI, BAZNAS Kabupaten Kendal, dan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi para masyarakat yang kurang mampu," ucapnya.

Selain itu, ada pula peran luar biasa dari para konsumen Alfamart yang turut membantu pembangunan, penyediaan ambulans, dan fasilitas USG di RSB Kendal lewat program sedekah/donasi bebas melalui kasir Alfamart yang kemudian dikelola dan disalurkan BAZNAS untuk bidang kesehatan.

Di kesempatan yang sama, Corporate Affair Director Alfamart, Solihin, mengungkapkan bahwa pembangunan RSB Kendal tak lepas dari kontribusi seluruh konsumen Alfamart yang telah bersedekah/donasi bebas melalui kasir Alfamart saat berbelanja.

RSB ini merupakan salah satu bentuk penyaluran sedekah/donasi konsumen Alfamart melalui BAZNAS yang diperuntukan pada bidang kesehatan.

"Semoga, dapat memberi manfaat lebih untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis, khususnya bagi masyarakat Kendal,” jelas Solihin.

Solihin menjelaskan, sedekah/donasi konsumen Alfamart telah dikelola dan disalurkan oleh BAZNAS untuk berbagai program kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi.

“Terima kasih untuk semua konsumen Alfamart yang telah secara sukarela memberikan sedekah/donasi bebasnya saat berbelanja di Alfamart. Kebaikan ini akan memberi manfaat lebih untuk mereka yang membutuhkan," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kendal, H Windu Suko Basuki SH, yang hadir dalam peresmian tersebut mengucapkan terima kasih atas dibangunnya Rumah Sehat BAZNAS di wilayahnya oleh BAZNAS RI serta kontribusi konsumen Alfamart melalui sedekah/donasinya.

Dia juga mengungkapkan, kesehatan merupakan kebutuhan utama bagi umat manusia, namun bagi kaum duafa pelayanan kesehatan yang memadai seringkali menjadi sesuatu yang sulit dijangkau

"Sebuah kebanggaan masyarakat Kabupaten Kendal dengan hadirnya RSB Kendal ini. Dengan RSB ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat khususnya kaum duafa. Hal ini merupakan langkah awal menuju pencapaian visi Indonesia sehat 2025, serta visi dan misi RSB yaitu menjadi klinik yang berkualitas, menyehatkan dan berkah," ujarnya.

Hingga kini, terdapat 22 Rumah Sehat BAZNAS di seluruh Indonesia, 18 RSB sudah berjalan dan beroperasi, dan 4 RSB lainnya dalam proses launching. Sampai Juni 2024, total sebanyak 390 ribu jiwa lebih telah menerima manfaat dari layanan kesehatan Rumah Sehat Baznas di seluruh Indonesia yang telah beroperasi.

Semua RSB tersebut hadir untuk membantu pelayanan kesehatan secara gratis sekaligus untuk memberikan manfaat lain bagi masyarakat, diantaranya pemberian vitamin, penyuluhan kesehatan, pendampingan dan skrining kesehatan.

Adapun 18 RSB yang sudah beroperasi di antaranya, RSB Sumatra Utara, Batam, Pangkalpinang, Masjid Istiqlal, Bogor, Cirebon, Karanganyar, Yogyakarta, Brebes, Kendal, Sragen, Sidoarjo, Berau, NTB, Parigi Moutong, Palu, Makassar, dan Papua. Ke depan, ada 4 RSB yang akan disiapkan, yakni RSB Lampung Tengah, Banten, Bima, dan Sambas.

"Jumlah ini masih akan terus bertambah karena masifnya para tenaga medis Rumah Sehat Baznas dalam memberikan pelayanan Kesehatan, tak hanya kepada mereka yang sakit, namun juga yang membutuhkan asupan vitamin, gizi, dan penyuluhan Kesehatan," tambah Kiai Noor.

Turut hadir, Wakil Ketua Baznas RI, H Mokhamad Mahdum, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, CHRP, ?Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian & Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA, serta Forkopimda Kabupaten Kendal. (jpnn.com)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler