Bea Cukai Bengkalis dan Tual Perkuat Sinergi dengan Instansi Lain

Jumat, 24 September 2021 – 16:50 WIB
Bea Cukai Bengkalis bersama Polres Kepulauan Meranti mendiskusikan upaya penegakan hukum khususnya mengenai kepabeanan dan cukai di wilayah tersebut. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, BENGKALIS - Bea Cukai melalui kantor pelayanan di berbagai daerah aktif berkunjung dan membuka forum diskusi dengan instansi lainnya di wilayah pengawasannya masing-masing.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah menyampaikan kegiatan tersebut diharapkan mempermudah pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai sekaligus meminimalisir egosentrisme lembaga.

BACA JUGA: Proyek Jalan di Bengkalis Dikorupsi, KPK Jebloskan 3 Orang ke Bui

"Kami ingin membuang jauh ego sektoral dan pada akhirnya menciptakan kolaborasi untuk Indonesia Maju," tegas Firman, Jumat (24/9).

Dia mencontohkan seperti yang dilakukan Bea Cukai Tual dan Bea Cukai Bengkalis.

BACA JUGA: Satu Desa di Bengkalis Terapkan PPKM Darurat, Ini Penyebabnya

"Seperti misalnya untuk menggali potensi ekspor, Bea Cukai Tual berkoordinasi dengan BPS Maluku Tenggara," kata Firman, Jumat (24/9).

Bea Cukai Tual juga berkoordinasi dengan Bank Mandiri Maluku Tenggara untuk membahas pembiayaan kredit maupun investasi yang bisa digunakan para pelaku usaha.

BACA JUGA: Misi Bea Cukai dan Polairud Gelar Patroli Laut di Perairan Langsa

"Kami berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan membantu para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya dengan program percepatan ekspor," jelasnya.

Sinergi juga dilakukan Bea Cukai dengan media massa untuk menyebarkan informasi kepabeanan dan cukai secara luas.

"Bea Cukai Tual berkolaborasi dengan RRI Tual menyelenggarakan dialog interaktif setiap bulannya," sebut Firman.

Bea Cukai Bengkalis juga melaksanakan kegiatan serupa seperti mendiskusikan upaya penegakan hukum khususnya mengenai kepabeanan dan cukai dengan Polres Kepulauan Meranti.

"Kami selalu berkomitmen untuk merawat silaturahmi dan memperkuat sinergi dalam penegakkan hukum khususnya di bidang kepabeanan dan cukai bersama instansi-instansi terkait," tegasnya.

Bea Cukai Bengkalis juga bersinergi bersinergi dengan Pemda Riau terkait bentuk komitmen dukungannya terhadap pemulihan ekonomi di wilayah Riau.

Misalnya melalui pertemuan antara Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Riau Agus Yulianto dan Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis Ony Ipmawan dengan Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (16/9), di rumah dinas gubernur.

"Kami harapkan bersama kontribusi aktif Bea Cukai dalam mengasistensi industri bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian daerah," pungkas Firman. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Tim Redaksi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   Bengkalis   Kepabeanan   Cukai   ekspor   BPS  

Terpopuler