Bea Cukai Buka Kantor di Jember, Siap Awasi Tiga Area

Jumat, 23 November 2018 – 14:00 WIB
Peresmian gedung KPPBC baru di Jember. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JEMBER - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi meresmikan gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) di Jember, Jatim pada Jumat (23/11).

Tadinya kantor itu berada di wilayah Panarukan dan kemudian dipindahkan ke Kabupaten Jember.

BACA JUGA: Bea Cukai Sumbagbar Sita 800 Ribu Batang Rokok Ilegal

"Kantor ini memiliki wilayah pengawasan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo," ujar Heru dalam sambutannya di peresmian gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai di Jember.

Heru menyatakan meskipun gedung KPPBC Jember baru saja diresmikan tapi kegiatan pengawasan dan pelayanan Bea Cukai di Jember telah dilaksanakan sejak lama.

BACA JUGA: Bea Cukai Malang Sita Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Terbukti hingga November 2018, Bea Cukai Jember telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 32 kali. Terdiri dari penindakan di bidang cukai sebanyak 27 kali, dan tegahan barang kiriman pos sebanyak 5 kali.

"Naik 18.5 persen dari penindakan tahun 2017," tambah Heru.

BACA JUGA: Bea Cukai Batam Mengamankan 509 Gram Sabu-sabu

Heru menjelaskan bahwa modus pelanggaran yang berhasil diungkap petugas Bea Cukai antara lain penjualan rokok tanpa dilekati pita cukai dan pengangkutan rokok yang tidak dilekati pita cukai.

Selain itu juga penjualan tanpa adanya nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) yang merupakan identitas yang wajib dimiliki pengusaha dalam melakukan kegiatan yang berkenaan dengan cukai.

Sementara itu, Kepala KPPBC Jember Tubagus Firman Hermansyah mengucapkan terima kasih pada Pemkab Jember yang sudah memberi izin pembangunan kantor Bea Cukai tersebut.

Tubagus menyatakan siap membantu perekonomian Jember melalui berbagai inovasi dari KPPBC yang dipimpinnya.

"Semoga dengan berpindah kantor kami bisa memberi warna baru bagi Jember dan bisa memberi nilai lebih bagi Kabupaten Jember," tutur Tubagus. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai: Barang Ilegal Merugikan Perekonomian Negara


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai  

Terpopuler