Bea Cukai dan Bareskrim Polri Amankan 284 Kilogram Ganja

Rabu, 23 Desember 2020 – 19:21 WIB
Pemusnahan ladang ganja. Foto: Bareskrim Polri.

jpnn.com, PADANG - Bea Cukai Telukbayur bekerja sama dengan Bareskrim Polri menggagalkan upaya peredaran 284 kilogram ganja di wilayah Sumatera.

Kepala Kantor Bea Cukai Telukbayur Hilman Satria mengatakan kasus ini bermula dari informasi adanya peredaran narkotika golongan I jenis ganja di wilayah pengawasannya.

BACA JUGA: Ladang Ganja 300 Ribu Batang Ditemukan di Tengah Hutan, Langsung Dibakar

Bea Cukai langsung berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk melakukan penyelidikan di sekitar daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Menurut Hilman, penyelidikan dilakukan sejak 23 November.

BACA JUGA: Paket Ganja Dua Kilogram Disita, Petugas Bea Cukai dan BNNP Jateng Cari Siapa Pemiliknya

Hilman menyatakan, pada 24-28 November, tim melakukan penelusuran ke tempat yang dicurigai.

Penyelidikan, kata dia, berkembang ke daerah Mandailing Natal, Sumatera Utara, karena adanya informasi dari masyarakat setempat.

BACA JUGA: Minibus Mencurigakan Disetop Bea Cukai dan Raider TNI, Ditemukan 14 kg Ganja

Hilman menegaskan tim gabungan mengamankan 284 kilogram ganja di dua lokasi berbeda.

Menurut Hilman, ganja ditemukan di sarana pengangkut yang ditinggal oleh pengemudinya, Rabu (2/12).

Lantas, dua hari kemudian atau Jumat (4/12), tim kembali menemukan ganja di area perkebunan di Tambangan, Mandailing Natal.

Hilman menuturkan, setelah dilakukan penelusuran lebih mendalam tim gabungan menemukan ladang ganja kurang lebih seluas 15 hektare di Desa Pardomuan, Kecamatan Panyabungan Timur, Bukit Tor Sipiramanuk.

Ladang ganja tersebut dimusnahkan, Senin (7/12). Perwakilan dari Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, Bea Cukai Telukbayur dan Bea Cukai Sibolga turut serta dalam pemusnahan ladang ganja.

Hilman menyatakan bahwa tersangka juga telah ditangkap dan diserahkan kepada Bareskrim Polri.

Menurut Hilman, penindakan dan pengawasan ini merupakan wujud sinergi yang perlu selalu ditingkatkan antara Bareskrim Polri dengan Bea Cukai serta instansi lainnya.

Hal itu guna memberantas narkoba di seluruh wilayah Indonesia untuk masa depan generasi muda Indonesia yang terbebas dari narkotika.

“Bea Cukai Telukbayur secara kontinyu akan bersinergi dengan pihak terkait dalam menangani penindakan narkoba,” kata Hilman. (rls/jpnn)

 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler