Bea Cukai Kawal Ekspor Perdana 15,89 Ton Gurita Beku Asal Maluku ke Meksiko

Kamis, 17 Oktober 2024 – 10:29 WIB
Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku Sodikin saat hadir dalam acara pelepasan ekspor perdana 15,89 ton komoditas gurita beku yang dilaksanakan PT Celebes Ocean Fisheries dengan tujuan ke Meksiko di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (15/10). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, AMBON - Bea Cukai turut hadir dalam pelepasan ekspor perdana 15,89 ton komoditas gurita beku yang dilaksanakan PT Celebes Ocean Fisheries dengan tujuan ke Meksiko.

Kegiatan seremoni pelepasan ekspor tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (15/10).

BACA JUGA: Bea Cukai Surakarta Terbitkan Izin Fasilitas KITE IKM untuk PT Megatama Makmur Indonesia

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku Sodikin dalam sambutannya menyampaikan peningkatan jumlah ekspor merupakan salah satu penunjang perekonomian negara di tengah kondisi perekonomian dunia yang sedang lesu akibat perang di sejumlah negara.

Menurut Sodikin, ekspor perdana gurita beku yang dilaksanakan ini jelas berpengaruh pada peningkatan perekonomian di Maluku.

BACA JUGA: Klinik Ekspor Jemput Bola jadi Andalan Bea Cukai Tanjungpinang Dorong UMKM Berkembang

“Komitmen dan prioritas kami (Bea Cukai) dalam pelayanan ekspor adalah mendukung komoditas dari Maluku agar bisa bersaing di pasar dunia. Harapannya, ke depan semakin banyak produk dari Maluku yang diekspor,” ujar Sodikin.

Sodikin merinci total komoditas yang diekspor berjumlah 1.131 karton dengan berat 15.897,3 kilogram dan total nilai ekspor sebesar USD 69.232,5.

BACA JUGA: Bea Cukai Jabar dan Satpol PP Musnahkan BKC Ilegal, Ada Tembakau Iris hingga MMEA

Seluruh komoditas ekspor diangkut menggunakan KM Meratus Pangkal Pinang dengan negara tujuan ekspor ke Tamaulipas, Meksiko.

Sodikin menyampaikan keberhasilan ekspor perdana PT Celebes Ocean Fisheries merupakan buah dari sinergi dan koordinasi baik antarinstansi dan pemerintah daerah Maluku.

"Kami berharap ekspor gurita beku dari Maluku terus berjalan secara kontinu, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Maluku,” ujar Sodikin. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler