Bea Cukai Kembali Gelar Operasi Gempur Rokok Ilegal di 3 Wilayah Ini, Lihat Hasilnya!

Selasa, 04 Juli 2023 – 21:00 WIB
Petugas Bea Cukai bersama Satpol PP memeriksa sejumlah toko untuk memastikan tidak menjual rokok ilegal. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BANJARNEGARA - Bea Cukai bekerja sama dengan Satpol PP kembali menggelar operasi gempur rokok ilegal di 3 wilayah ini, yakni Banjarnegara, Badung, dan Gowa.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan pelaksanaan gempur rokok ilegal merupakan salah satu bentuk tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai community protector yang berperan melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya.

BACA JUGA: Bea Cukai Gelar Pemusnahan Barang Hasil Penindakan

Di Banjarnegara, Bea Cukai Purwokerto bersama Satpol PP menggelar operasi pasar gabungan (Opsargab) dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Banjarnegara pada 19-20 Juni 2023.

Opsargab dilakukan dengan mendatangi toko-toko penjual rokok untuk memeriksa rokok yang dijual.

BACA JUGA: Bea Cukai Malang Lakukan Penindakan Rokok dan Tembakau Ilegal Sepanjang Juni 2023

Pada kesempatan itu, petugas juga memberikan edukasi kepada pemilik toko terkait jenis-jenis dan larangan jual beli rokok ilegal.

Sebelumnya, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra bersama Satpol PP Provinsi Bali bersinergi dalam kampanye Gempur Rokok Ilegal sekaligus melakukan edukasi kepada para pedagang rokok dan masyarakat di Kabupaten Gianyar, Jumat (16/6).

Kampanye ini merupakan kelanjutan dari kegiatan stop rokok ilegal yang terus menerus digemakan oleh Bea Cukai dengan harapan dapat menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal.

“Operasi ini merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan penerimaan negara di sektor cukai serta untuk meningkatkan fasilitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT),” ujar Encep.

Terakhir di Gowa pada Selasa (27/6), Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) kembali menggelar sosialisasi dan operasi gempur rokok ilegal di wilayah perbatasan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa.
Kegiatan ini menyasar ke toko kelontong dan masuk ke dalam pasar-pasar di Kabupaten Gowa.

Selain mencari rokok ilegal yang beredar, Bea Cukai Sulbagsel juga melakukan sosialisasi tentang ciri-ciri rokok ilegal kepada para pedagang serta masyarakat setempat.

Encep berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara rutin semakin menekan peredaran rokok ilegal, sehingga tidak ada lagi yang beredar di pasaran.

“Fokus Bea Cukai sebagai instansi yang bertugas melindungi masyarakat dan mengamankan penerimaan negara adalah dengan memberantas rokok ilegal melalui operasi gempur secara berkelanjutan,” pungkas Encep. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler