Bea Cukai Sebut CVC Punya Berbagai Manfaat untuk Pengusaha

Selasa, 02 November 2021 – 18:59 WIB
Bea Cukai berupaya memfasilitasi industri dalam negeri, salah satunya lewat kegiatan customs visit customer (CVC). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya memfasilitasi industri dalam negeri, salah satunya lewat kegiatan customs visit customer (CVC).

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah mengatakan kegiatan CVC kali ini dilakukan oleh Bea Cukai di Semarang, Bogor, dan Jambi.

BACA JUGA: Bea Cukai Bogor Bongkar Modus Pengiriman Barang Kena Cukai Ilegal, Ternyata

Menurutnya CVC merupakan salah satu bentuk implementasi dari pelaksanaan tugas Bea Cukai dalam memberikan industrial assistance kepada para pelaku usaha dalam negeri.

"Lewat kegiatan ini, Bea Cukai berkesempatan untuk menginformasikan kebijakan terbaru dan mengetahui proses bisnis, serta kendala di lapangan,” ungkap Firman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Seasa (2/11).

BACA JUGA: Dukung WSBK Mandalika, Bea Cukai Tanjung Perak Berikan Fasilitas ATA Carnet

Firman menjelaskan CVC juga menjadi wadah komunikasi dan bertukar pesan antara-Bea Cukai dan pelaku usaha.

“Lewat CVC kami hadir untuk mendengarkan dan mencarikan solusi atas kendala pelaku usaha di lapangan. Kami juga hadir untuk menerima kritik dan saran demi perbaikan kinerja kedepannya,” tambahnya.

Pelaksanaan CVC oleh Bea Cukai Semarang dilakukan dengan mengunjungi PT Arisa Mandiri yang merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat.

"Kunjungan berfokus pada peninjauan lapangan dan tidak ditemukan adanya kendala dalam proses bisnis kepabeanan PT Arisa Mandiri," kata dia.

Kegiatan CVC juga dilakukan oleh Bea Cukai Bogor yang mengunjungi PT Golden Agin Nusa.

Perusahaan penerima penerima fasilitas kawasan berikat yang terletak di wilayah Citareup itu merupakan penghasil alat pertanian.

Firman menyebut sebagian besar produknya diekspor ke beberapa negara di Asia seperti Thailand dan Filipina.

"CVC diawali dengan kegiatan factory tour untuk melihat proses produksi dari bahan mentah menjadi barang jadi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing session dengan pihak perusahaan," bebernya.

Selanjutnya Bea Cukai Jambi juga melakukan kegiatan serupa dengan mengunjungi CV Indokara,

Bea Cukai Jambi melakukan diskusi terkait dengan permasalahan yang dihadapi pengusaha serta meninjau langsung proses perusahaan tersebut.

“Sebagai sebuah institusi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, melalui CVC kami melakukan pengamatan secara langsung. Dari pengamatan ini akan memicu penyesuaian dan peningkatan layanan yang kami berikan,” tegas Firman. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler