Bea Cukai Siap Mendorong UMKM Ekspor Lewat Sinergi Lintas Lembaga

Jumat, 27 September 2024 – 18:54 WIB
Bea Cukai Magelang mengadakan audiensi potensi ekspor bersama Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Magelang pada Rabu (25/9). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAGELANG - Bea Cukai melalui unit-unit vertikalnya terus melakukan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tujuan pemberdayaan UMKM adalah untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM terhadap perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA: APBN On Track di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Bea Cukai Catatkan Penerimaan Positif

Dalam mendukung pemberdayaan UMKM, Bea Cukai Bekasi mengunjungi Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat pada Selasa (17/09).

Kunjungan ini bertujuan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat terkait implementasi inisiatif strategis Kementerian Keuangan dan sinergi optimalisasi program pemberdayaan UMKM, khususnya di wilayah kerja Bea Cukai Bekasi.

BACA JUGA: Sita 639.400 Batang Rokok Ilegal, Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY Amankan 2 Terduga Pelaku

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat Reni Titalay menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Bea Cukai Bekasi.

Dia menjelaskan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat memiliki framework dalam pengembangan UMKM, antara lain melalui korporatisasi sinergi kebijakan pusat dan daerah, kapasitas sektor prioritas; dan pembiayaan model bisnis yang terintegrasi melalui pasar domestik dan pasar global.

BACA JUGA: Kanwil Bea Cukai Jatim II Terbitkan Izin Fasilitas Kawasan Berikat untuk 2 Perusahaan Ini

Dalam pertemuan tersebut, Reni mengungkapkan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat akan memberikan pelatihan kepada UMKM di wilayah kerja Bea Cukai Bekasi, serta menyeleksi UMKM yang lolos kualifikasi untuk diberikan bantuan dan didorong ekspornya.

Kegiatan dengan tujuan yang sama juga dilakukan Bea Cukai Magelang dengan mengadakan audiensi potensi ekspor bersama Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Magelang pada Rabu (25/9).

Audiensi tersebut membahas rencana Bea Cukai Magelang dan HIPMI untuk membuat sebuah wadah yang dapat menampung para pengusaha muda untuk belajar ekspor, mengenal lebih dalam mengenai ekspor sampai akhirnya bisa sukses dalam kegiatan ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Magelang Imam Sarjono mengungkapkan instansinya mendukung penuh program kerja dari HIPMI Kota Magelang yang dapat menaungi para pengusaha muda pelaku UMKM agar bisa ekspor.

Menurut Imam, gerakan ini tentunya dapat mendorong kesejahteraan mereka dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Kami siap membantu dan bekerja sama, jika membutuhkan narasumber untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan kami siap kapan pun dan di mana pun," tegas Imam. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler