Bea Cukai Tingkatkan Pelayanan Lewat Program CVC

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:03 WIB
Bea Cukai terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelaku usaha melalui berbagai inisiatif lewat program CVC. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelaku usaha melalui berbagai inisiatif, salah satunya adalah kegiatan Customs Visit Customer (CVC).

Program ini diimplementasikan oleh kantor-kantor Bea Cukai di berbagai daerah guna menjalin komunikasi yang lebih baik dengan para penerima fasilitas kawasan berikat.

BACA JUGA: Dukung Pembangunan IKN, Bea Cukai Fasilitasi Impor Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang

“CVC secara rutin dilaksanakan oleh unit vertikal Bea Cukai di tiap-tiap daerah. Selain untuk memberikan asistensi, Bea Cukai juga melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap perusahaan,” ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Pada Selasa (30/7), Bea Cukai Tanjung Emas mengadakan kunjungan kerja ke PT JS Corp di Boyolali, Jawa Tengah, sebuah perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat.

BACA JUGA: Bea Cukai Purwokerto Musnahkan BKC Ilegal Senilai Rp 3,1 Miliar di Banjarnegara

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Bea Cukai dan pelaku usaha, serta untuk mendiskusikan berbagai kendala yang dihadapi oleh perusahaan.

Selain itu, kunjungan ini juga menjadi sarana bagi Bea Cukai Tanjung Emas untuk memahami secara langsung proses bisnis yang dijalankan oleh PT. JS Corp, sehingga mereka dapat memberikan asistensi yang lebih tepat guna.

BACA JUGA: Kenali 5 Ciri Rokok Ilegal, Silakan Disimak Penjelasan dari Bea Cukai

Sementara itu, Bea Cukai Bekasi juga melaksanakan kegiatan serupa dengan mengunjungi PT Sanken Indonesia, sebuah pabrik manufaktur yang memproduksi Power Transformer dan Switching Power Supply Unit pada Kamis (25/7)

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Bea Cukai Bekasi untuk memastikan kepatuhan pengguna jasa terhadap regulasi yang berlaku, sekaligus memberikan asistensi dalam pengelolaan kawasan berikat.

Selain kunjungan ke PT Sanken Indonesia, Bea Cukai Bekasi juga telah melakukan inspeksi serupa pada 17 Juli 2024 ke PT Nagai Plastic Indonesia.

Fokus dari kunjungan ini adalah untuk melihat langsung implementasi tata laksana kawasan berikat, termasuk pengelolaan IT inventory dan CCTV di lokasi tersebut.

Encep mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan CVC ini, Bea Cukai tidak hanya berperan sebagai pengawas, tetapi juga sebagai mitra bagi para pelaku usaha.

“Melalui pendekatan ini, diharapkan hubungan antara Bea Cukai dan pengguna jasa dapat semakin erat, serta berbagai kendala yang dihadapi pelaku usaha dapat segera diatasi, sehingga tercipta iklim usaha yang kondusif dan berdaya saing,” pungkasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Aturan Soal Barang Kiriman Hasil Perdagangan, Simak Penjelasan Bea Cukai


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler