Bea Cukai Tingkatkan Penegakan Hukum dengan Jurus Ini

Selasa, 26 April 2022 – 21:05 WIB
Bea Cukai bekerja sama dengan kejaksaan tinggi di daerah untuk meningkatkan penegakan hukum. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan baik.

Di Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Tim Penyidik Bea Cukai Soekarno-Hatta menyerahkan tersangka dan barang bukti atas penyidikan yang dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Tinggi Banten (13/4).

BACA JUGA: Bea Cukai Beri Fasilitas Kawasan Berikat bagi Perusahaan Garmen di Pemalang

Penyidikan dilakukan terhadap tindak pidana pemalsuan dokumen kepabeanan selama delapan tahun oleh tersangka berinisial D (59) dan ER (34).

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno-Hatta Zaky Firmansyah mengatakan, tersangka diduga memalsukan dokumen kepabeanan dengan modus impor barang pindahan.

BACA JUGA: Ini Deretan Upaya Bea Cukai untuk Optimalkan Dana Bagi Hasil 2022

Dengan skema barang pindahan tersebut, tersangka akan mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Dengan tindak pidana ini, negara dirugikan ratusan juta. Selain itu, impor ini tidak memenuhi persyaratan dari kementerian terkait karena barang yang diimpor bekas.” kata Zaky.

BACA JUGA: Lihat Nih Hasil Tangkapan Bea Cukai, Jumlahnya Capai Jutaan Batang, Wah

Tersangka dan barang bukti telah diserahterimakan.

Di Medan, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara Parjiya beserta jajaran mengunjungi Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (12/4).

Dalam kunjungan ini, keduanya menyampaikan tugas, fungsi, serta lingkup pengawasan masing-masing instansi.

"Saya merasa senang dapat bersilaturahmi dengan Pak Idianto yang baru menjabat sebagai Kajati Sumut. Saya harap sinergi Bea Cukai dengan kejaksaan tinggi terjalin baik,” ujar Parjiya.

Kemudian, Bea Cukai Malang mengunjungi Karantina Pertanian Bandara Abdul Rachman Saleh (21/4).

Tujuannya, menggali informasi dalam peningkatan ekspor daerah melalui UMKM sesuai arahan menteri keuangan RI dan Dirjen Bea dan Cukai.

Sementara itu, pada Selasa (19/4), Bea Cuka Kotabaru mendapat kunjungan dari Kantor Imigrasi Batulicin dalam rangka sinergi dan koordinasi pelaksanaan tugas.

Kepala Kantor Imigrasi Batulicin I Gusti Bagus M. beserta jajaran disambut Kepala Kantor Bea Cukai Kotabaru Bambang Lusanto Gustomo.

“Mari, lanjutkan sinergi dan kerja sama baik ini untuk mewujudkan Indonesia yang makin aman, tertib, sejahtera, dan berkeadilan,” tandas Bambang. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler