Bedanya, Anies-Sandi dan Ahok-Djarot di Medsos

Minggu, 02 April 2017 – 15:03 WIB
Anies Baswedan dan Ahok. Foto; Dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Institute for Tansformation Studies (Intrans) mengamati konten terkait Pilkada DKI Jakarta masih terus bermunculan di media sosial jelang putaran kedua 19 April mendatang.

Menurutnya, dua pasangan calon kampanye dengan berbagai cara melalui medsos.

BACA JUGA: Didatangi Mas Hasto, Warga Koja Malah Tanya Ahok

"Dalam ruang elektabilitas yang sempit, masing-masing calon sebenarnya tinggal butuh 8-10% untuk memastikan kemenangan di putaran kedua. Yang paling menentukan pada kondisi seperti ini adalah kombinasi kampanye udara dan pasukan darat yang massif dan terukur, sambil menghindari blunder di hari-hari terakhir yang akan menguntungkan pihak lawan," jelas Direktur Intrans, Andi Saiful Haq di Jakarta Minggu (2/4).

Menurut Andi, media sosial memiliki dinamika yang menarik, mengukur elektabilitas dari beberapa alat ukur yang dimiliki media sosial juga belum tentu memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

BACA JUGA: Tim Anies-Sandi Temukan Banyak Data Aneh

"Namun, untuk melihat kecenderungan dan sentimen publik bisa lebih akurat dibandingkan media utama. Kekuatan media sosial adalah interaksi dan jejaring pertukaran informasi yang cepat dan terukur," ungkapnya.

Berdasarkan hasil pengamatannya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dinilai cukup mampu memanfaatkan kelebihan media sosial dengan mengatur konten foto, desain dan video yang seragam.

BACA JUGA: KPU DKI Sebut Putaran Kedua Lebih Berbahaya

Jika dibandingkan dengan material foto dan video dari Basuki T. Purnama-Djarot Saiful Hidayat tampak bahwa tim Anies menyiapkan materi dengan tone warna, typografi, desain, logo dan jargon yang lebih mudah dicerna publik.

"Ahok-Djarot tampil dengan slogan beragam: Kerja, Ini Baru Jakarta, Kampanye Rakyat, Gue2, Badja dan seterusnya. Beda dengan Anies-Sandi yang konsisten dengan slogan Jakarta Maju Bersama," ujarnya.

Menurutnya, konten terpecah efektif untuk diterapkan diawal kampanye namun agak sulit ketika bergerak di ruang elektabilitas yang sempit.

Kata "Bersama" efektif dimainkan oleh tim Anies-Sandi, direplikasi, diturunkan menjadi program kerja.

"Dalam kampanye politik di media sosial, keseragaman grafis, typografi, warna, dan slogan politik sangat dibutuhkan agar pendukung punya sasaran yang fokus dan terarah," imbuhnya.

Sementara itu dari segi partai, dia menjelaskan Gerindra dan PKS tampak menyumbang kontribusi sangat besar dalam kampanye Anies-Sandi di media sosial.

Dalam metrik media sosial yang diamati Intrans bisa terlihat aktivitas dukungan yang dilakukan jejaring akun resmi Gerindra dan PKS terhadap kubu Anies-Sandi.

"Gerindra dengan jumlah fans terbesar di Facebook Fanpage ditambah kekuatan organik dari followers dan tim PKS, membuat konten Anies-Sandi mampu menyebar dengan cepat, viral dan organik," ungkapnya.

Kubu Ahok-Djarot mampu mengimbangi dengan jejaring media sosial PDIP, akun PDIP adalah Parpol terbesar kedua setelah Gerindra dalam jumlah followers dan fans di Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. A

palagi kekuatan dari jejaring media sosial PDIP terletak pada akun-akun individu para kader yang jumlahnya tidak sedikit.

"Kekuatan Ahok-Djarot bertambah dengan bergabungnya Partai Solidarits Indonesia (PSI) besutan Grace Natalie dkk. Dari analisis dan pemantauan Intrans, PSI beberapa kali membuat terobosan yang tidak pernah dipikirkan oleh parpol pendukung lain," jelasnya.

Secara kuantitatif dukungan Parpol (PDIP, PSI, Nasdem, Golkar, PKPI, Hanura, PPP, PKB) terhadap pasangan Ahok-Djarot tertinggal tipis dengan audiens sejumlah 4.213.864 akun.

Sementara dukungan Parpol (Gerindra, PKS, Perindo) terhadap Anies-Sandi unggul dengan jumlah audiens sebanyak 4.418.004 akun.

Dari segi total engagement berupa Like, Comment, Retwit, Ekspresi, Emotion, Loves, video views dll, Ahok-Djarot unggul dengan total jumlah engagement sebesar 2.139.104.

Sementara Anies-Sandi hanya mendapatkan engagement total sebesar 1.705.146.

Meski demikian Anies-Sandi unggul dengan jumlah share (share, mention, repost, video likes) sebesar 291.359.

Sedangkan Ahok-Djarot hanya mendapatkan 155.446 jumlah share.

"Dari skoring yang sudah disimulasikan itu maka Intrans menetapkan elektabilitas pasangan calon pada 26 Maret 2017, dimana Ahok Djarot unggul dengan angka 51,88 % dan Anies-Sandi dengan angka 48,12 %," pungkasya. [wah/rmol/jpnn]

BACA ARTIKEL LAINNYA... Please, Jangan Libatkan Papa Novanto di Kampanye Ahok


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler