Begal Coba Kabur dari Polisi Setelah Ditangkap, Begini deh Jadinya

Selasa, 09 Juli 2024 – 17:56 WIB
Kapolsek Grogol Petamburan, Kompol Muharam Wibisono. ANTARA/Risky Syukur

jpnn.com, GROGOL PETAMBURAN - Pelaku begal berinisial RF (31) yang beraksi di sebuah warung makan di Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, ditembak polisi karena melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat dilakukan pencari barang bukti.

Penembakan tersebut dilakukan pada Selasa pagi saat polisi bersama pelaku mencari barang bukti di wilayah Tubagus Angke, Jakarta. Pelaku telah ditangkap di rumah kerabatnya di wilayah Kuningan, Jawa Barat, pada Senin (8/7)

BACA JUGA: Mensos Risma Berikan Penghargaan Kepada TNI, Polisi, dan Guru

"Jadi pada saat ditangkap tidak ada perlawanan. Kami juga dibantu jajaran Satreskrim Polres Kuningan Jabar," kata Kapolsek Grogol Petamburan, Kompol Muharam Wibisono di Jakarta pada Selasa.

??????Meskipun pada waktu ditangkap tidak perlawanan, namun pada saat pengembangan kasus dengan mencari barang bukti, pelaku berusaha melarikan diri dan juga melakukan sedikit perlawanan ke personel Kepolisian.

BACA JUGA: Lihat Ekspresi 2 Begal Ini setelah Ditangkap Polisi

"Sehingga kami melakukan tindakan tegas terukur (penambakan di kaki) kepada yang bersangkutan," katanya.

Kronologi penembakan terhadap pelaku berawal usai penangkapan saat polisi berusaha mencari barang bukti bersama dengan pelaku pada Selasa pagi di wilayah Teluk Gong, Jakarta Utara. Ketika itu didapatkan sebilah golok yang digunakan pelaku dalam aksinya.

BACA JUGA: Kisah SN Bikin Laporan Palsu Begal Gegara Takut Dimarahi Istri, Pemicunya, Alamak

"Pelaku kami tanya tuh, 'barang bukti lain di mana?' Terus kata dia, barang bukti (pakaian) dia kubur dekat Kali Angke, Jalan Tubagus Angke. Terus kami lanjut pencarian bukti di Tubagus Angke," kata Wibisono.

Ternyata, kata Wibisono, itu hanya akal bulus pelaku agar bisa melarikan diri di Jalan Tubagus Angke.

"Ketika penyidik kita sedang mencari-cari barang bukti, pelaku berusaha melarikan diri. Saat dikejar, ia berusaha melawan petugas menggunakan kayu yang ada di tempat tersebut," kata Wibisono.

Polisi pun melakukan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan korban yang tetap berusaha lari saat dikejar polisi.

Saat dikejar, pelaku melakukan perlawanan. "Kami lakukan tindakan tegas terukur, kami lumpuhkan karena melawan dan kabur, (ditembak) di kaki," kata Wibisono.

Setelah ditembak, pelaku kemudian dibawa polisi ke Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat (Jakbar). Setelah itu, polisi kembali melakukan pengembangan hingga mendapatkan barang bukti berupa telepon seluler milik korban di wilayah Kalideres, Jakbar.

Polisi telah menangkap seorang begal bersenjata tajam yang beraksi di sebuah warung makan di Jelambar Baru, Grogol Petamburan (Gropet), Jakbar, pada Senin (10/6) lalu.

Adapun penangkapan pria berinisial R tersebut dilakukan di wilayah Kuningan, Jawa Barat, pada Senin. "Benar, satu orang sudah kami amankan kemarin," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi di Jakarta pada Selasa. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kawanan Begal Mobil Sadis di Bogor


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler