Begini Cara Bea Cukai Dorong UMKM untuk Bisa Ekspor

Kamis, 07 Oktober 2021 – 18:34 WIB
Bea Cukai memberikan fasilitas perpajakan ke salah satu pelaku usaha. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Bea Cukai yang memberikan fasilitas kepabeanan dan perpajakan kepada pelaku UMKM dalam negeri rupanya mendapatkan hasil positif.

Salah satunya meningkatnya daya saing produk dalam negeri sehingga bisa diekspor.

BACA JUGA: Bea Cukai dan BNN Manado Bongkar Transaksi Tembakau Gorila Lewat Instagram

Sebanyak 14 perusahaan menerima fasilitas tempat penimbunan berikat yang diberikan Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY sepanjang tahun 2021.

“Prediksi kami, pemberian fasilitas ini akan terus tumbuh ke depannya," ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY Muhammad Purwantoro.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Perusahaan Ini Ekspor Daun Stevia ke Korea Selatan

Dia menambahkan, beberapa perusahaan itu memilih tempat di Jawa Tengah karena alasan ekonomis yang lebih menguntungkan.

Selain perusahaan, dia menyebut sinergi dengan asosiasi juga dilakukan Bea Cukai untuk mengakomodasi para pelaku usaha dan menjembatani komunikasi.

BACA JUGA: Cara Baru Kejahatan Modus Pecah Kaca Mobil, Pakai Karet Gelang, Mengejutkan 

“Keberadaan pengusaha dalam satu wadah asosiasi merupakan aspek penting dalam memberikan penilaian atau membangun profil perusahaan," ujarnya.

Keberadaan asosiasi, kata dia, diharapkan agar pengusaha bisa memberikan jaminan bahwa keberadaan asosiasi arahnya positif dan insentif yang diberikan pemerintah tidak salah arah.

Sementara itu Ketua Umum APKB, Ade Sudrajat menyampaikan harapannya agar sinergi pemerintah dan pengusaha bisa mendorong tumbuhnya investasi dan ekspor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi DJP-DJBC dan pengusaha sehingga menjadi daya dorong yang lebih kuat untuk meningkatkan ekspor," ujar Ade.

Bea Cukai juga berupaya mendorong potensi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam kunjungan kerja bersama Komisi XI DPR RI ke Jawa Tengah, Bea Cukai berkesempatan hadir dalam pembahasan program hunian mikro mekaar, ultra mikro, dan UMKM di Provinsi Jawa Tengah.

Kunjungan tersebut diadakan untuk meninjau pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), PT Permodalan Nasional Madani (PNM) serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terutama dikaitkan dengan program tersebut.

Staf Ahli Kemenkeu Bidang Hukum dan Hubungan Masyarakat Rina Widiyani Wahyuningdyah menyambut baik atas kunjungan kerja Komisi XI DPR RI ke Jawa Tengah.

“Adanya kegiatan kunjungan ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud secara optimal," ujar Rina.

Sinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri lewat ekspor dan penguatan UMKM juga dilakukan Bea Cukai Ambon.

Bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, tim percepatan ekspor mengunjungi UD Bumi Mas yang memproduksi komoditi berupa cengkeh, coklat, dan kopra. (mrk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Memergoki MA dan FR di Mobil Boks Mencurigakan Ini, Oh Ternyata


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   UMKM   ekspor   perpajakan  

Terpopuler