Begini Evolusi Batgirl dari Masa ke Masa

Sabtu, 24 Februari 2018 – 23:37 WIB
Batgirl versi video game. Foto: IGN

jpnn.com - Siapa Batgirl? Sosok pahlawan super cewek asal Gotham tersebut dikenalkan kali pertama pada 1961. Komikus Bill Finger dan Sheldon Moldoff menghadirkan Bat-Girl dengan alias Betty Kane. Kane lantas digantikan Barbara Gordon pada 1967.

Batgirl versi Barbara Gordon dikenalkan di The Million Dollar Debut of Batgirl! pada komik Detective Comics edisi Januari 1967. Sosok itu merupakan kreasi penulis Gardner Fox dan komikus Carmine Infantino. Barbara Gordon digambarkan sebagai anak Komisaris Polisi Jim Gordon.

BACA JUGA: Tak Ada Batgirl untuk Joss Whedon

Dia adalah atlet judo, bisa kungfu, eskrima (bela diri khas Filipina), karate, dan jujitsu. Dia mahir menggunakan tongkat eskrima, batarang, dan senjata api kategori kecil.

Selain kekuatan fisik, dia dibekali otak yang genius dan ingatan fotografik. Barbara disebut sebagai karakter paling cerdas dalam dunia Batman. Ketika menjadi Batgirl, dia berkembang menjadi ahli teknologi dan komputer. Komplet ya!

BACA JUGA: Diinjak Kritikus, Justice League Langsung Loyo di Box Office

Dalam komik Batgirl Special #1 yang rilis pada 1988, Barbara Gordon dikisahkan pensiun dari dunia superhero. Dia mundur sebagai pemberantas kejahatan di Gotham City.

Di komik Batman: The Killing Joke (1988) garapan Alan Moore, Barbara mengalami kelumpuhan setelah diserang Joker. Dia digambarkan kembali sebagai seorang ahli komputer dan peretas data dengan alias Oracle. (Movieweb/Variety/fam)

BACA JUGA: Optimistis Superman Cs Tumbangkan Dewa Petir Marvel

 

Dari Masa ke Masa

Versi Televisi

Yvonne Craig

Craig menjadi pemeran pertama pahlawan super cewek asal Gotham City tersebut. Dia tampil di musim ketiga serial TV Batman yang tayang pada 1967. Kala itu, sosok Batgirl ditampilkan untuk menarik para perempuan muda yang idealis.

 

Versi Animasi

Jane Webb

Sejak kemunculannya di serial TV, sosok Barbara Gordon makin diminati. Dia pun dimunculkan kembali di serial animasi. Batgirl disuarakan oleh Jane Webb di The Batman/Superman Hour (1968). Total, sudah ada tujuh aktris yang jadi pengisi suara tokoh tersebut.

 

Versi Layar Lebar

Alicia Silverstone

Di layar lebar, Batgirl baru muncul dalam Batman & Robin (1997). Namun, latar belakangnya agak berbeda dengan pakem. Dia adalah Barbara Wilson, keponakan Alfred Pennyworth (butler Bruce Wayne). Suatu hari, dia mengunjungi sang paman di mansion Bruce, dan menemukan rahasia gua kelelawar.

 

Versi Animasi Layar Lebar

Rosario Dawson

Penggambaran teranyar Batgirl ada di The Lego Batman Movie yang rilis Februari 2017 lalu. Dalam versi itu, Barbara Gordon diperkenalkan sebagai Komisaris Polisi Gotham City, menggantikan sang ayah. Di akhir film, Barbara bergabung dengan Batman sebagai Batgirl, tanpa meninggalkan jabatannya di kepolisian.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sutradara The Raid Garap Film Musuh Batman


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler