Begini Kondisi Pendidikan di Aceh, Komisi X DPR Janji Bahas Ini dengan Pemerintah

Senin, 23 Mei 2022 – 16:01 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian (kanan) bertemu dengan Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M. Jafar dan jajarannya di Kantor Gubernur Aceh, Jumat (20/5). Foto: Ayu/Man

jpnn.com, ACEH - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian bersama kolega menyerap berbagai aspirasi di bidang Pendidikan di Nangroe Aceh Darussalam dalam kunjungan kerja (kunker) spesifik.

“Bertepatan dengan Hari kebangkitan Nasional tahun ini, Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh untuk menjaring masukan serta informasi akurat terkait berbagai permasalahan di bidang Pendidikan,” ujarnya.

BACA JUGA: Buruh Bentangkan Spanduk di Pagar Gedung DPR RI, Nih Tuntutannya

Hal itu dikatakan Hetifah seusai bertemu dengan Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M. Jafar dan jajarannya di Kantor Gubernur Aceh, Jumat (20/5).

Masukan yang disampaikan ialah permintaan peningkatan tunjangan profesi guru di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) yang selama ini sangat minim dan peningkatan program pelatihan calon guru.

BACA JUGA: Komisi VII DPR RI Evaluasi Aturan Larangan Ekspor Pasir Laut di Batam

Selain itu, sarana dan prasarana untuk kebutuhan sekolah-sekolah dari PAUD, SD, SMP, SMA, serta perguruan tinggi masih kurang.

Hetifah berjanji membahas hasil temuan, aspirasi, dan masukan tersebut untuk dibahas bersama pemerintah pusat.

BACA JUGA: DPR RI Terkesan dengan Teknologi Nano Milik Iran, Lihat nih

Dalam kesempatan itu, M. Jafar mengungkapkan bahwa pembenahan di dunia pendidikan terus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Aceh.

Salah satunya bukti nyata, keberhasilan Aceh menjadi peringkat lima besar nasional dari jumlah kelulusan siswa SMA dan SMK yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dalam pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) jumlah siswa SMA dan SMK dari Aceh yang terdaftar pada SNMPTN 2022 mencapai 14.768 orang dan yang diterima 5.793 orang.

Jumlah itu meningkat 167 orang bila dibandingkan dengan hasil penerimaan siswa yang lolos pada 2021, yaitu 5.626 orang.

Karena itu, pihaknya berharap dukungan penuh pemerintah pusat dan DPR RI terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia atau tenaga kependidikan di Aceh, termasuk sarana dan prasarana pendukung proses belajar-mengajar di Aceh. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler