Begini Kronologis Ajudan Tembak Ajudan di Banten

Selasa, 22 Desember 2015 – 05:15 WIB
Kapolda Banten Boy Rafli Amar. Foto : dok jpnn

SERANG - Insiden tertembaknya paha ajudan Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo yang bernama Brigadir Iip Hertami masih didalami Bid Propam Polda Banten. Sang 
ajudan terkena timah panas dari pistol yang dipegang rekannya sendiri Briptu Sutarjo, yang juga ajudan Kapolres Serang AKBP Nunung Syafuddin.

Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan bahwa kejadian tersebut merupakan kelalain Briptu Sutarjo. Karenannya, Sutarjo berpotensi divonis bersalah melakukan pelanggaran disiplin. 

BACA JUGA: Kisah Suami Pecinta Berat Karaoke, Tiap Hari Dikejar-Kejar Purel

"Itu akibat kelalaian petugas (Briptu Sutarjo-red), mungkin tidak biasa pegang glock," kata Kapolda ditemui usai menghadiri coffe morning di Kajati Banten, Senin (21/12).

Kapolda menjelaskan bahwa pistol yang dipegang Briptu Sutarjo saat insiden itu adalah milik sang atasan. Saat itu senpi tersebut sedang disimpan di dalam mobil dinas dan dipegang-pegang oleh Briptu Sutarjo.

BACA JUGA: Anggota Dewan Desak Telusuri Terkait Pernyataan Fahri Hamzah

Namun dia diduga tidak paham mengenai senpi jenis glock, sehingga tidak sengaja melukai rekan sendiri.  "Cara memperlakukan glock dengan (senpi) revolver itu berbeda, dan pelurunya itu sensitif. Ketika pelatuknya tersentuh sedikit saja langsung keluar (meletus)," jelas Boy.

Boy pun pastikan bahwa Briptu Sutarjo adalah satu-satunya orang yang diproses dalam perkara ini. Untuk sang atasan Kapolres Serang AKBP Nunung Syafuddin dianggap tidak ada korelasinya dengan perkara. "Gak ada (pelanggaran yang dilakukan kapolres), lalai dari stafnya saja. Dia sekarang diamankan untuk diperiksa," pungkasnya.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Sebut Karena Lobi Singapura, Wali Kota Bilang Begini

Sebelumnya diberitakan, ajudan Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo tertembak pada bagian paha sebelah kanannya, Sabtu (19/12) pagi. Brigadir Iip tertembak senpi yang dipegang oleh ajudan Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin, Briptu Sutarjo Hutomo. Briptu Sutarjo yang sedang membersihkan senpi jenis glock milik atasannya tiba-tiba meteus dan mengenai paha kanan Brigadir Iip Hertami. (marjuki/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gali Harta Karun Lima Warga Kaur Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler