Begini Loh Peraturan Jika Terdapat Dua Bola dalam Satu Lapangan

Kamis, 08 Juli 2021 – 14:58 WIB
Wasit asal Belanda Danny Makkelie yang memimpin laga Inggris vs Denmark. Foto: (Siempre Inter)

jpnn.com, LONDON - Ada pemandangan menarik saat laga semifinal Euro 2020 yang mempertemukan Inggris melawan Denmark di Stadion Wembley, Kamis (8/7) WIB.

Ketika memasuki babak tambahan waktu, tepatnya pada menit ke-101, tiba-tiba Inggris mendapat kesempatan menyerang melalui Raheem Sterling.

BACA JUGA: Semifinal EURO 2020: 5 Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Inggris Lawan Denmark

Saat itu, dari layar kaca terlihat ada sebuah bola lain di dekat kotak penalti Denmark.

Pemain Manchester City itu bahkan terlihat melewati bola tersebut sebelum memasuki kotak penalti dan dijatuhkan oleh Joakim Maehle.

BACA JUGA: Ungkapan Kekecewaan Kasper Hjulmand Usai Denmark Disingkirkan Inggris, Begini Katanya

Tentu banyak pihak yang mempertanyakan mengapa wasit Danny Makkelie tidak menghentikan pertandingan karena ada bola lain masuk ke dalam lapangan.

Mengacu kepada laws of the game bagian 5 soal outside interference. Pada sub-bagian penghentian (stops), wasit berhak menghentikan sementara pertandingan jika terjadi pelanggaran atau intervensi dari luar lapangan, salah satunya adalah bola tambahan atau extra ball.

Sebuah bola tambahan, objek lain atau hewan masuk ke lapangan saat laga berjalan, seorang wasit harus:

1. Menghentikan permainan (dan mengulangnya dengan bola yang dijatuhkan/dropped ball) hanya jika mengganggu jalannya pertandingan. Kecuali bola masuk ke gawang dan gangguannya (2 bola) tidak
menghalangi pemain bertahan dalam memainkan bola. Gol disahkan jika bola masuk ke gawang (bahkan jika terjadi kontak dengan bola) kecuali jika gangguan dilakukan oleh tim penyerang.

2. Mengizinkan permainan berlanjut jika tidak mengganggu permainan dan menghilangkan gangguan tersebut secepat mungkin.

Kejadian ini mengingatkan kita dalam pertandingan Liverpool kontra Sunderland pada 17 Oktober 2009.

Saat itu juga ada bola lain masuk ke dalam lapangan usai dilempar oleh penonton. Bola itu kemudian terbang dan berada di depan gawan Liverpool.

Pemain Sunderland Darrent Bent melakukan tembakan yang tak sengaja mengenai bola tambahan tersebut. Alhasil, bola sepakan Bent berubah arah dan terjadi gol setelah mengecoh Pepe Reina.

Mengacu kepada regulasi laws of the game seharusnya wasit mengentikan laga dan mengulang kembali permainan.

Namun wasit berkata lain, pria asal Belanda ini malah melanjutkan permainan, dan melihat Raheem Sterling terjatuh di lapangan usai bersentuhan dengan Joakim Maehle.

Tanpa pikir panjang, sang pengadil lapangan langsung menunjuk titik putih. Meskipun sempat gagal menunaikan tendangan penalti, Kane berhasil mengambil bola muntah dan membuat Inggris menang 2-1 atas Denmark.

Dengan hasil ini, Tim Tiga Singa berhak melaju ke final Euro 2020 menantang Italia di Stadion Wembley, Senin (12/7) WIB. (espnfc/mcr16/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler