Begini Skema Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021

Sabtu, 04 September 2021 – 15:11 WIB
Ilustrasi. Foto: tangkapan layar garudakucom

jpnn.com, JAKARTA - Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 dimulai dengan mempertandingkan Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan eFootball, serta pertandingan persahabatan Lokapala.

Hingga Jumat (3/9), puluhan ribu peserta berpartisipasi dalam waktu seminggu.

BACA JUGA: 2 Gim Baru Dipertandingkan di Ekshibisi Esports PON XX Papua

Untuk gim Mobile Legends, babak kualifikasi provinsi telah diselesaikan dan menghadirkan juara di masing-masing provinsi.

Meski begitu, pendaftaran peserta masih dibuka untuk PUBG Mobile hingga 8 September 2021 melalui platform resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Garuda.com.

BACA JUGA: Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi PON Papua, KONI Berharap Bisa Melahirkan Banyak Atlet Berprestasi

Skema PON Esports:

Kualifikasi Provinsi untuk gim Mobile Legends berlangsung pada 28-29 Agustus 2021. Adapun eFootball diselenggarakan pada 28 Agustus-3 September 2021.

BACA JUGA: Esports Jadi Ajang Eksibisi di PON Papua, PBESI Pastikan Pasokan Jaringan Internet Aman

Untuk kualifikasi Free Fire dilaksanakan pada 2-5 September 2021. Lalu pertandingan persahabatan Lokapala akan diadakan pada 6-7 September dan PUBG Mobile pada 11-12 September 2021.

Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PB ESI Ashadi Ang mengatakan seluruh wakil provinsi dari masing-masing gim akan kembali bertanding dalam Pra PON untuk memperebutkan tempat pada Eksibisi Esports PON XX Papua 2021.

"Wakil Papua sendiri ridak akan mengikuti babak Pra PON dan langsung lolos otomatis sebagai tuan rumah," kata Ashadi dalam keterangannya, Jumat (3/9).

Pra PON Mobile Legends akan diadakan pada 9-10 September 2021 dan lima tim terbaik akan lolos ke PON XX Papua.

Untuk eFootball, pertandingan akan berlangsung pada 6-8 September 2021 dan lima tim terbaik akan lolos dan bertanding di Papua.

Free Fire dijadwalkan pada 11-12 September 2021 dengan dengan sebelas tim terbaik akan lolos ke PON XX Papua.

Selanjutnya, peserta Lokapala akan melakoni laga Pra PON pada 13 September 2021 dan empat tim terbaik yang lolos akan meneruskan perjalanan mereka ke Papua.

Terakhir, PUBG Mobile akan dilaksanakan di Jakarta pada 14-15 September 2021. Sebanyak 15 tim terbaik akan lolos ke PON XX Papua.

"Setelah menyelasaikan babak Pra PON XX Papua 2021, nantinya para wakil yang berhak lolos akan diberangkatkan ke Papua tempat berlangsung acara," ucap Ashadi.

Kehadiran cabang olahraga ekshibisi esports ini mendapatkan atensi dari pencinta esports Indonesia dan juga menjadi bukti diakuinya esports sebagai olahraga prestasi yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional. (mcr9/jpnn)


Redaktur : Adek
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler