Bekasi Darurat Bencana, Bupati Malah ke Amerika

Jumat, 07 Februari 2014 – 02:24 WIB

jpnn.com - CIKARANG PUSAT -- Kepergian Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin ke Amerika Serikat rupanya membawa luka bagi masyarakat Bekasi. Itu karena Kabupaten Bekasi saat ini masih dalam siaga darurat bencana.

Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Bekasi, Hasan Bisri merasa prihatin dengan kepergian Bupati Bekasi di saat kondisi masih siaga darurat bencana. Menurutnya, kepergian Bupati ke Amerika Serikat terkesan tidak mementingkan masyarakat Bekasi.

BACA JUGA: Pemekaran di Sultra Dimatangkan di Rapat Akhir Panja

"Kalau kepentingan ke luar negeri otomatis bentuknya cuti. Dan mesti diketahui juga, apakah ada pendelegasian ke Wakil Bupati untuk kepergian Bupati tersebut,” paparnya kepada Radar Bekasi (JPNN Grup), Kamis (6/2).

Kata Bisri, sangat berbahaya jika kepergian Bupati ke Amerika tidak ada pendelegasian tugas di Bekasi. Apalagi kalau sudah menyangkut penggunaan APBD.

BACA JUGA: Menhut: Banyak Satwa KBS Mati karena Ngurusnya Gak Beres

"Kalau dia (Bupati) pergi ke luar negeri dan tidak ada pendelegasian tugas ke Wabup, sangat berbahaya. Jika ada hal yang darurat dan mesti menggunakan APBD maupun kebijakan, mesti bagaimana" apakah nunggu orang mati dulu,” kesalnya.

Kata lelaki asal Sukatani ini, seharusnya Kepala Daerah berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan. Dan mesti dilakukan dengan hati-hati. "Ini persoalan hajat hidup orang banyak. Kalau tidak menggunakan APBD maupun kebijakan, mungkin Wabup bisa menghandle,” tuturnya.

BACA JUGA: Siap Serahkan Lahan Hutan untuk Relokasi

Senada dengan Bisri, Ketua Fraksi PKS, Faisal Hafan Farid mengaku jika Kepala Daerah pergi ke luar negeri itu mesti mendapatkan izin dari Gubernur Jabar. Jika prosedur itu tidak dilakukan, kata dia, jelas hal itu sudah menyalahi aturan.

"Kalau dia (Bupati) tidak mendapatkan izin dari Gubernur, itu sudah masuk pelanggaran,” tegasnya.

Sementara itu, Kasubag Protokoler Pemkab Bekasi, Sugiana, membenarkan jika Bupati Bekasi sedang berada di Amerika Serikat sejak tanggal 4 Februari hingga 8 Februari mendatang.

Namun, dia mengaku belum mengetahui ada keperluan apa Bupati berangkat ke Amerika. "Wah kalau keperluan apa, saya kurang tahu,” tandas Sugiana sambil terbata-bata. (sam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makin Sering Disinggahi Kapal Pesiar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler