Bekasi Kukuhkan Tim Saber Pungli

Kamis, 30 Maret 2017 – 04:30 WIB
Uang korupsi. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Pemerintah Kota Bekasi mengukuhkan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli).

Tim ini diharapkan bisa mencegah, sekaligus memberantas praktik pungli di Kota Bekasi.

BACA JUGA: Gara-Gara Urusan Sepele, Tega Lempar Teman ke Kali

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, tim ini melibatkan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), seperti Polrestro Bekasi Kota, Kejaksaan Negeri Bekasi dan Kodim 0507 Kota Bekasi.

“Ada 150 anggota tim saber pungli dari berbagai unsur di Kota Bekasi. Mereka bergerak dan mendeteksi praktik pungli yang ada di pemerintahan,” ujarnya, Rabu (29/3).

BACA JUGA: Tuding Ada Manipulasi dalam Proses Perizinan Gereja

Menurut Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, pembentukan tim ini bukan berarti memasukan pegawai atau oknum sebanyak-banyaknya ke penjara.

Namun sebagai ajang introspeksi diri, agar aparat dan aparatur bekerja tanpa menyimpang aturan yang ada.

BACA JUGA: Oalah, Pungli di Kelurahan Kok Marak Lagi

“Pembentukan tim saber ini bisa menguatkan peran Inspektorat Kota Bekasi di lingkungan Pemda, untuk memberantas praktik pungli atau pelanggaran yang dilakukan pegawai ke masyarakat,” kata dia.

Pepen mengungkapkan, praktik pungli biasanya rawan terjadi di pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan dalih agar proses dokumennya dipercepat, warga akhirnya mengeluarkan uang dengan nominal beragam.

Untuk itu, Pepen mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan memberikan uangnya kepada aparatur. Dia juga meminta kepada aparatur, agar bekerja tanpa mengharapkan imbalan dalam melayani masyarakat.

Pepen meyakini, keberadaan tim ini juga mampu mempercepat pembangunan daerah dengan sistem pemerintahan yang bersih dan baik. Hal ini juga bisa dirasakan oleh instansi lainnya, yang sistem birokrasinya berjenis vertikal maupun horizontal.

Dalam tim ini, Wali Kota Bekasi berperan sebagai penanggung jawab Tim Saber Pungli. Sementara Wakil Wali Kota Bekasi, Kapolrestro Bekasi Kota, Dandim 0507, Kejari Bekasi bertugas sebagai pengendali Tim Saber Pungli.

Terakhir, Wakil Kapolrestro Bekasi Kota berperan sebagai Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli.(kub/gob)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Izinkan Pembangunan Gereja, Pepen Disebut Mirip PKI


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler