Belasan Ribu Sarjana Tak Punya Pekerjaan

Kamis, 16 Oktober 2014 – 15:44 WIB

SURABAYA - Deretan angka-angka itu membuat Kabid Penempatan, Pembinaan, dan Pengembangan Tenaga Kerja Disnaker Surabaya Irna Pawanti mengelus dada. Dari hari ke hari, jumlah sarjana yang menganggur semakin banyak. Lulus kuliah tidak tahu harus ke mana. Mentalnya pun kurang baik. 

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya menyebut para sarjana yang jobless sebagai pengangguran terdidik. Pada 2013, ada 11.612 lulusan S-1 dan S-2 yang tidak bekerja. Hingga Juni atau pertengahan 2014 ini saja, diperkirakan ada 11.568 orang. Mereka berusia antara 20 hingga 29 tahun. Disnaker memperkirakan jumlahnya bakal membengkak pada akhir tahun. 

"Pengangguran terdidik memang paling banyak," ujar Irna. Dia menyebut, pada 2013, jumlah pencari kerja SD hanya 24 orang, SMP 52 orang, dan SMA mencapai 5.789 orang. Tapi, jumlah lulusan S-1 dan S-2 yang menganggur mencapai 11.612 orang. Itu berarti dua kali lebih banyak daripada total pengangguran lulusan SD, SMP, maupun SMA sederajat. 

Irna menyebut, paradigma tentang pengangguran semakin berubah. Dulu pengangguran identik dengan warga berpendidikan rendah. Sekarang sebaliknya. Sarjana yang menganggur justru lebih banyak. "Sarjana bisa menganggur setahun sampai dua tahun. Bejo-bejoan tiga tahun," katanya.

Hanya, ingat Irna, peningkatan jumlah sarjana menganggur bukan karena sedikitnya lowongan pekerjaan. Yang paling mencolok ialah hasil pendidikan yang tidak optimal. Meski sarjana, mereka tidak siap masuk dunia kerja, terutama industri. "Dunia pendidikan dan industri beda. Mereka tidak siap," tegasnya.

Irna mencontohkan ketidakmampuan para sarjana dalam membuat lamaran pekerjaan yang "menjual" dirinya. Karena itulah, dia mengusulkan materi kurikulum lain ke lembaga pendidikan. Yaitu, pelatihan kompetensi, soft skill, maupun attitude

"Kami usulkan materi itu ke dispendik. Pilot project-nya di tingkat pertama dulu. Soft skill harus di-treatment sejak siswa awal masuk. Bukan setelah lulus," ungkapnya. 

Disnaker berupaya mengentaskan pengangguran terdidik. Kini ada Tim Penyelarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Laras Dikdudi) Surabaya. Anggotanya adalah disnaker, ITS, sekolah kejuruan, dan bappeko. 

Tim itu dibentuk untuk memfasilitasi agar alumni pendidikan bisa memenuhi standar dunia industri. Lalu, sarjana bisa mengetahui kebutuhan kompetensi dunia kerja. "Kepribadian dibentuk empat tahun kuliah. Kalau bisa, sejak awal, soft skill kerja sudah diajarkan," kata Irna.

Namun, tim itu masih menggodok sistem. Meski begitu, Irna optimistis Tim Laras Dikdudi bisa menelurkan masukan ke dinas pendidikan. Dia berharap sistem itu mampu mengubah kondisi. Banyak mahasiswa yang dipinang perusahaan sebelum lulus. Mereka siap menghadapi dunia industri.

Cara lain adalah mengadakan bursa kerja dan pelatihan kerja gratis. Menurut Irna, sebenarnya setiap SMK dan kampus berkewajiban menyalurkan siswa ke dunia industri. Persoalannya, selama ini siswa SMK hanya mendapat pembekalan saat kelas XII. Padahal, seharusnya minimal mulai kelas X.

Setiap perguruan tinggi memiliki pusat pencarian kerja (PPK). Idealnya, alumni bisa disalurkan lewat PPK. Namun, buktinya justru semakin banyak bursa kerja yang diselenggarakan pihak luar. "Kalau banyak pengangguran, berarti alumninya tidak menjual. Enggak laku," ujarnya.

Irna berharap kampus segera sadar dengan kondisi itu. Jika tidak, pengangguran terdidik semakin meningkat. Apalagi Surabaya akan menghadapi AFTA. Persaingan semakin ketat. Karena itu, dia meminta PPK bergerak aktif. Misalnya, menjalin kerja sama dengan perusahaan. 

Disnaker juga memiliki tim khusus untuk penuntasan pengangguran. Yakni, Tim Pengantar Kerja. Irna mengatakan, begitu seorang pencari kerja mendatangi kantor disnaker, dia langsung menerimatreatment tertentu. Mereka akan menerima surat terdaftar sebagai pencari kerja (AK 1). Lalu, diwawancarai minat dan bakatnya (AK 2). Kemudian, diberi informasi loker sesuai bidang pendidikan yang tersedia (AK3). "Supaya masuk 'kamar' yang benar. Realitasnya, kalau mendaftar beda latar belakang pendidikan, berkasnya dibuang," tuturnya. 

Kemudian, mereka akan dipanggil jika ada perusahaan yang sesuai (AK4). Akhirnya, pencari kerja akan menerima AK5 yang berisi surat pengantar dan rekomendasi ke perusahaan.

Kepala Disnaker Surabaya Dwi Purnono menambahkan, Disnaker Surabaya juga sudah berkoordinasi dengan Disnaker Jatim untuk menuntaskan masalah pengangguran. Yakni, membuat job fair hingga lima kali dalam setahun. Dia juga mengaku sudah menyiapkan anggaran khusus dari APBD.(nir/c6/roz)

BACA JUGA: ITS Buka Kuliah Online

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siswi Pelaku dan Korban Kekerasan Seksual Harus Diterapi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler