BEM Nusantara Apresiasi Gelaran PON XX Papua

Senin, 04 Oktober 2021 – 07:01 WIB
Pesta kembang api saat pembukaan PON XX Papua, Sabtu malam (2/10). (ANTARA/HO/Humas PB PON)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

BEM Nusantara menilai pemilihan Papua jadi tuan rumah sebagai bentuk penghargaan pemerintah untuk masyarakat di sana.

BACA JUGA: BEM Nusantara Dukung Penuh Agenda Pemberantasan Korupsi

"Didaulatnya Tanah Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XX adalah hasil kerja keras dari Pemprov Papua dan juga bentuk penghargaan,” ujar Koordinator Pusat BEM Nusantara Dimas Prayoga dalam siaran persnya, Minggu (3/10).

Dimas berharap ajang PON XX Papua menjadi momentum perbaikan ekonomi daerah. Dia yakin produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Papua dapat diperkenalkan ke skala nasional.

BACA JUGA: BEM Nusantara Pertanyakan Sumber Keuangan LSM ini

"Momentum PON XX bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi setelah perekonomi daerah digoncang dengan hadirnya pandemi Covid-19,” kata dia.

Dia juga mendorong pemerintah pusat maupun daerah melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Papua. Di antaranya, dengan melakukan vaksinasi di wilayah-wilayah terpencil.

BACA JUGA: Setelah Membuka Gelaran PON XX, Presiden Jokowi Nobar Cabor Wushu di Merauke

"Agar herd immunity bisa segera terwujud dan masyarakat Papua dapat terlindungi dari virus corona, sehingga pemulihan ekonomi di Tanah Papua dapat segera terealisasi," kata Dimas.

Penyelenggaraan PON XX Papua sempat ditunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, menjadi empat wilayah penyelenggaraan PON XX.

Total ada 36 pertandingan dengan 56 disiplin yang dipertandingkan selama PON XX Papua, serta 6.422 atlet yang bakal memperebutkan 681 medali emas.

Pertandingan cabang olahraga PON XX Papua sudah dimulai sejak 27 September 2021 dan akan berakhir 15 Oktober 2021. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler