Benarkah Minum Wine Bisa Memperpanjang Umur?

Jumat, 07 Februari 2020 – 05:41 WIB
Ilustrasi meminum wine bersama pasangan.

jpnn.com - Minum wine dikabarkan bisa memiliki umur yang lebih panjang. Lalu, apa hal tersebut benar dan bisa dibuktikan secara ilmiah?

Benarkah minum wine membuat Anda panjang umur?

BACA JUGA: 6 Fakta tentang Wine yang Harus Diketahui

Manfaat kesehatan dari minum wine, terutama efeknya pada panjang umur seseorang, sebenarnya masih menjadi perdebatan di antara para ahli.

Namun, dapat dipastikan bahwa wine jenis tertentu, yaitu red wine, memiliki kandungan bioaktif di dalamnya, termasuk flavonoid dan phenol. Senyawa tersebut telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA: Wine dan Kaitannya dengan Udara Dingin

Menurut Dr. Adrian Baranchuk, seorang profesor di Queen’s University di Kanada, kandungan utama di dalam red wine yang diyakini memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan Anda adalah resveratrol.

Apa itu?

BACA JUGA: Ini Manfaat Lain Red Wine untuk Kesehatan

Resveratrol adalah senyawa polyphenol yang biasa ditemukan di kulit anggur. Senyawa resveratrol lebih banyak ditemukan di red wine dibanding dengan wine jenis lainnya karena proses fermentasi red wine yang jauh lebih lama.

Senyawa ini dipercaya dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah, mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, serta mengurangi risiko terjadinya pengentalan darah.

Ditambah lagi, menurut situs Mayo Clinic, sifat antioksidan pada resveratrol juga berpotensi menyehatkan jantung dan pembuluh darah, sehingga minum kandungan wine yang satu ini dipercaya membuat Anda panjang umur.

Namun, tentunya manfaat resveratrol dalam wine untuk kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hasil sebuah studi 16 tahun mengenai konsumsi alkohol

Sebuah penelitian The Health and Retirement Study (HRS) menganalisis kebiasaan minum pada 8.000 partisipan dewasa, serta bagaimana kebiasaan minum tersebut memengaruhi usia mereka.

Penelitian ini dilakukan dengan menanyakan setiap partisipan 2 kali dalam setahun, mulai dari 1998 hingga 2014. Partisipan dibagi menjadi lima kategori, yaitu: abstain (tidak minum sama sekali) seumur hidup, abstain hanya untuk waktu tertentu, peminum berat, peminum moderat, dan partisipan yang jarang minum.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kategori partisipan yang jarang minum, serta peminum moderat, memiliki angka kematian yang lebih rendah dibanding kategori abstain.

Ini artinya, minum alkohol, termasuk wine, kemungkinan memiliki pengaruh pada panjang umur seseorang. Namun, penelitian ini dinilai masih memiliki kelemahan karena bisa saja partisipan yang tidak minum sama sekali memang sudah memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

Lalu, seberapa banyak batasan minum wine yang wajar?

Nah, apakah ini berarti Anda harus mulai rutin minum wine supaya lebih panjang umur? Tentu saja tidak bisa disimpulkan begitu saja. Penting bagi Anda untuk mengetahui batasan minum wine yang sehat dan wajar.

Apabila Anda berjenis kelamin wanita, anjuran minum wine yang paling aman adalah cukup 1 gelas sehari. Sementara itu, pria di bawah usia 65 tahun dapat minum wine sebanyak 2 gelas sehari.

Batasan minum pada pria dan wanita memiliki sedikit perbedaan. Hal ini dikarenakan pria memiliki enzim metabolisme yang lebih banyak untuk memproses alkohol dibanding dengan wanita.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler