Bencana Arus Mudik: DPR Arahkan Telunjuk ke Pak Jonan

Selasa, 12 Juli 2016 – 12:11 WIB
Ignasius Jonan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Fauzi Amro menyatakan pihak yang paling bertanggung jawab dalam penyelenggaraan mudik lebaran adalah Kementerian Perhubungan di bawah pimpinan Ignasius Jonan.

Ini ditegaskan politikus Hanura itu, menyikapi bencana jalur mudik lebaran yang menyebabkan belasan jiwa meninggal dunia. Fauzi mengaku, DPR belum memanggil Menhub maupun pihak Korlantas Polri karena masih masa cuti.

BACA JUGA: Sidik Pencucian Uang Bang Uci, KPK Garap 13 Saksi

"Kalau di Inpres (Instruksi Presiden/2004) itu yang bertanggung jawab penuh dalam pengendalian arus mudik ini adalah kementerian perhubungan, yang pertama," kata Fauzi saat dihubungi pada Selasa (12/7).

Pihaknya menyebutkan bahwa hasil kunjungan spesifik Komisi V DPR beberepa waktu lalu, jalur di Brebes Exit (Brexit) sudah layak digunakan. Namun, Kemenhub maupun Korlantas diminta menyiapkan rekayasa jalur sebagai antisipasi macet. 

BACA JUGA: Tjahjo Sudah, Luhut juga Sudah, dari Pak Jokowi Masih Perlu

Namun, fakta di lapangan terjadi kemacetan parah hingga menelan korban jiwa. "Kalau kondisinya kayak begini, kami ingin berinisiatif membuat Panja (Panitia Kerja) arus mudik lebaran dan arus balik," ujar Fauzi.

Dia menambahkan, sesuai Inpres nomor 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran, komando pelaksanaan angkutan mudik ada di Kemenhub.

BACA JUGA: Bang Uci Bingung Dijerat KPK sebagai Tersangka Pencuci Uang

"Kementerian Perhubungan harus berkordinasi dengan seluruh stake holder, Kementerian PU, Kakorlantas Polri, regulator maupun operatornya seperti itu, model udara, laut, darat. Kami harap kejadian Brexit ini macet total parah tidak terulang lagi," tambahnya. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Liburan Hemat Naik Pesawat Dan Dapat Cashback?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler