Benny Hutapea: Gibran Layak Pimpin Partai Golkar

Rabu, 14 Agustus 2024 – 08:29 WIB
Wali Koto Solo sekaligus cawapres terpilih di Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka. Foto: ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Relawan POS Gibran, Benny Hutapea mengusulkan dan mendukung Wapres terpilih di Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka untuk maju menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Hal ini menyusul setelah Airlangga Hartarto mundur dari posisi ketua umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

BACA JUGA: Ikut Seleksi Calon Anggota BPK RI, Misbakhun Singgung Program Asta Cita Prabowo-Gibran

“Kami Relawan POS Gibran mengusulkan dan mendukung Mas Gibran sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Wapres terpilih bisa menggantikan Pak Airlangga seusai mundur dari Ketum Partai Golkar,” kata Benny sapaan akrabnya saat dihubungi, Senin (12/8/2024).

Menurut Ketua Umum Relawan Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Solo 2021 dan Relawan Prabowo-Gibran 2024 ini, sebagai Wapres Terpilih 2024-2029 posisi Gibran Rakabuming sangatlah strategis. Tentu, kata Benny, hal ini bisa menjadi kekuatan dan modal politik Partai Golkar ke depan.

BACA JUGA: Catat! AGK Mengaku Tak Akan Maju Jadi Caketum Golkar Pas Munas XI

“Saya menilai jika kekuatan Partai Golkar di parlemen disatukan dengan kekuatan Wapres Terpilih, tentu akan makin kuat. Partai Golkar akan menjadi kekuatan politik signifikan dan menentukan di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," ujar Benny.

Secara politik lanjut Benny, posisi Partai Golkar membutuhkan Gibran Rakabuming sebagai penguatan politik. Sementara Gibran Rakabuming membutuhkan Partai Golkar sebagai penguatan posisi dan legitimasi politik Wapres.

BACA JUGA: Petrus Selestinus: Intervensi Eksternal Terhadap Golkar Harus Dilawan

“Partai Golkar dan Mas Gibran saling membutuhkan. Ada penyatuan politik dalam penguatan kebijakan pembangunan pemerintah dan penajaman posisi di pemerintahan,” ujar Benny.

Menurut Benny, untuk hubungan dengan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerinda dan presiden terpilih tidak ada masalah. Malahan menurutnya, posisi Prabowo makin kuat di pemerintahan.

“Naiknya Mas Gibran sebagai Ketua Umum Partai Golkar akan memperkuat hubungan politik dengan Partai Gerinda. Artinya Koalisi Indonesia Maju punya presiden yang Ketum Partai Gerindra dan punya Wapres yang Ketum Partai Golkar," tegas Benny.

Terakhir, Benny menjelaskan dalam sejarah Partai Golkar, pernah dipimpin sosok seorang Wakil Presiden RI. Salah satunya melihat sejarah Jusuf Kalla (JK).

"Jika Ketua Umum Partai Golkar dan dipilih saat Munaslub, pastinya akan makin kuat dalam posisi pemerintahan. Apalagi Partai Golkar memiliki fatsun terlibat dalam kekuasaan dan  pemerintahan RI  seperti zaman Pak JK," ujar Benny.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto pada Minggu (11/8/2024) mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Lewat rekaman video berdurasi sekitar tiga menit, Airlangga menyatakan mundur untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dan menjamin stabilitas transisi pemerintahan dalam waktu dekat.

Sesudah melakukan berbagai pertimbangan, Airlangga memutuskan mundur dan tidak lagi memimpin Golkar, terhitung mulai hari, Sabtu (10/8/2024) malam.

“Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim dan atas petunjuk Tuhan yang maha besar, maka dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengucapkan terima kasih kepada Joko Widodo Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil Pemilu 2024.

Politikus yang sekarang tercatat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian yakin seluruh prestasi Partai Golkar yang sudah dicapai bisa berlanjut dan lebih baik lagi.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler