Berawal dari Toko di Garasi Rumah, Agen BRILink Bisa Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Jumat, 21 Mei 2021 – 15:47 WIB
Berawal dari membuka usaha warung kelontong kecil-kecilan di garasi rumah, perempuan bernama Mahmudah sukses memperluas warungnya berkat menjadi Agen BRILink. Foto: BRI

jpnn.com, YOGYAKARTA - Berawal dari membuka usaha warung kelontong kecil-kecilan di garasi rumah, perempuan bernama Mahmudah sukses memperluas warungnya berkat menjadi Agen BRILink.

Berlokasi di Jl Malangdirana, Segaralangu Cipari, Yogyakarta ibu rumah tangga itu mulai membangun bisnis sejak 2015 silam.

BACA JUGA: BRI Gelar Halalbihalal, 125 Ribu Karyawan Hadir Secara Virtual

"Saat itu warung saya masih bertempat di garasi rumah,” kata Mahmudah di Yogyakarta baru-baru ini.

Menurutnya, selain membuka usaha warung kelontong, perempuan berusia 36 tahun ini juga menyediakan jasa fotocopy.

BACA JUGA: Penyerahan 21.300 Paket Sembako Jadi Bentuk Apresiasi BRI Pada Dedikasi TNI AD

Namun, usahanya masih belum berkembang signifikan hingga bertemu dengan salah satu mantri dari BRI yang menawarkan menjadi Agen BRILink, pada 2016.

Tanpa berpikir panjang Mahmudah langsung menerima tawaran tersebut.

BACA JUGA: BRI Ventures Beberkan Kiat Start-Up Indonesia Tumbuh dan Bersaing di Tingkat Global

“Kebetulan saya waktu itu ingin usaha yang lain selain warung, ketika ditawari saya langsung mengiyakan meskipun saya belum tahu kinerjanya bagaimana menjadi agen,” ujar dia.

Mahmudah menuturkan pada awalnya menerima tawaran menjadi Agen BRILink semata-mata untuk menambah modal usaha warung kelontongnya.

Kemudian muncul keinginan menjadi agen BRILink karena pengalaman pribadi yang harus mengantri jika ingin mengambil uang di ATM.

Mahmudah berpikir akan lebih mudah bagi dirinya dan warga lain jika memiliki ATM di warung.

“Kebetulan pihak BRI menawarkan. Waktu itu belum ada Agen BRILink di daerah saya, dan yang ada cukup jauh dari warung. Sekarang sudah ada tiga Agen BRILink di satu kelurahan termasuk saya,” jelas dia.

Mahmudah bercerita, bulan pertama transaksi hanya masih hitungan puluhan. Jalan dua hingga tiga bulan transaksi bisa bertambah kisaran ratusan. Semenjak itu, dia mulai menikmati peran menjadi Agen BRILink. Akhirnya kini dia berusaha memfokuskan diri untuk totalitas pada usaha Agen BRILink.

“Jalan sekitar 5 tahun jadi Agen BRILink, saya mantapkan diri untuk benar-benar maksimal jadi Agen BRILink, karena saya berpikir bisa jadi usaha yang benar-benar dapat mencukupi kebutuhan keluarga," ungkapnya.

Mahmudah mengaku dalam sehari biasanya mampu melayani 300-400 transaksi dengan pendapatan Rp 700 ribu per hari.

Sementara, menjelang Hari Raya Idulfitri 2021, volume transaksi mengalami peningkatan menjadi 500 transaksi per harinya.

Berdasarkan catatan Mahmudah, rata-rata nilai transaksi nasabah mulai dari Rp 50 ribu yang terkecil dan terbesar Rp 10 juta.

Namun, jika nasabah tersebut ingin menarik uang lebih dari Rp 10 juta, maka harus membuat janji terlebih dahulu.

"Jadi bisa mempersiapkan uang tunai," katanya.

Dia mengaku dibandingkan dengan pendapatan warung kelontong, menjadi Agen BRILink sangat berbeda jauh. Omzet yang diperoleh dari warung kelontong hanya Rp 300 ribu per hari. Sedangkan menjadi agen BRILink mencapai Rp 700 ribu.

“Alhamdulilah, dulu warung kelontong saya masih kecil banget, sempet di garasi rumah. Semenjak menjadi agen saya bisa bangun warung sendiri dan terpisah dengan rumah. Pokoknya sangat terbantu oleh BRI,” ujar ibu dua anak ini.

Ekspansi Bisnis dengan Membuka Cabang

Mahmudah mengaku memiliki rencana untuk membuka cabang.

Saat ini, dia sedang memantapkan diri menjadi Agen BRILink dan berkeinginan membuka cabang keagenan di wilayah Yogyakarta lainnya.

Dia pun mampu membuka lapangan pekerjaan bagi warga lain dengan mempekerjakan dua pegawai.

Menurutnya, pegawai diperlukan karena pada situasi pandemi pun transaksi Agen BRILink miliknya tidak menurun.

"Justru mengalami peningkatan lantaran adanya berbagai bantuan yang dikucurkan pemerintah justru meningkatkan transaksi di Agen BRILink," bebernya.

Dia berharapa mampu melebarkan sayap dan menjadi Agen BRILink sejati.

“Saya berusaha untuk totalitas saja ke BRI agar lebih maksimal hasilnya. Saya selalu ingin melebarkan sayap menjadi Agen BRILink karena saya inginnya fokus, sudah mendarah daging dan menikmati menjadi Agen BRILink,” tegas Mahmudah. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BRI   BBRI   BRILink   agen BRILink   UMKM  

Terpopuler