Berbahayakan Minyak Esensial untuk Kesehatan?

Kamis, 26 April 2018 – 21:25 WIB
Ilustrasi beragam minyak esensial. Foto: mercola

jpnn.com, JAKARTA - Minyak esensial yang wangi mungkin bisa menenangkan indra Anda.

Namun, fakta menyebutkan aroma minyak esensial juga berbahaya, dalam kasus tertentu.

BACA JUGA: Usir Bau Kaki dengan 5 Langkah Mudah Ini

Ambil contoh, seperti postingan di Facebook tahun lalu yang menyebutkan seorang pemilik kucing bernama Ernie secara tidak sengaja meracuni kucingnya saat dia menggunakan minyak kayu putih dalam diffuser.

Setelah posting viral itu, The American Society for the Prevention of Cruelty of Animals (ASPCA) menjelaskan bagaimana beberapa minyak esensial bisa menyebabkan depresi, muntah dan diare pada kucing.

BACA JUGA: Hati-Hati Miras Oplosan Mengandung Metanol

Sebenarnya, mereka memiliki keseluruhan daftar minyak esensial yang bisa dikategorikan sebagai penyebab beracun tremor paling umum pada kucing.

"Semua pemilik hewan peliharaan harus berhati-hati dalam mengekspos hewan mereka terhadap minyak esensial," kata Tina Wismer, direktur medis untuk Pusat Pengambilan Racun Hewan ASPCA, seperti dilansir laman India Times.

BACA JUGA: Faktor Pemicu Pesta Haram Tukar Pasangan dan Risikonya

Menurut Wismer,  secara umum, kucing memiliki sensitivitas yang lebih banyak terhadap banyak racun, termasuk minyak esensial daripada anjing karena mereka memiliki enzim metabolisme yang lebih sedikit di hati mereka.

"Walaupun begitu, anjing juga bisa mengembangkan gejala yang sama seperti kucing, termasuk meneteskan air liur, muntah, bersin dan batuk," jelas Wismer.

Laporan paparan racun minyak seperti minyak pohon teh telah berlipat ganda antara tahun 2011 dan 2015.

Apa yang menakutkan adalah kenyataan bahwa anak-anak menghadapi risiko yang meningkat dari paparan minyak ini.

"Aturan praktis dalam toksikologi adalah 'dosis bisa menjadi racun,' jadi semua minyak esensial berpotensi berbahaya," kata Dr. Justin Loden, seorang spesialis bersertifikat di Tennessee Poison Center, Pusat Kanker Universitas Vanderbilt.

"Pada anak-anak, keracunan biasanya terjadi ketika mereka mencoba menelan minyak, tetapi tersedak sehingga sedikit dari itu masuk ke paru-paru, yang menyebabkan radang paru-paru dan hanya membutuhkan kurang dari setengah sendok teh untuk melakukan itu," sambungnya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cerahkan Kulit Leher dengan 3 Ramuan Alami


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler