Berburu Kuliner di Lombok, Wajib Datang ke 4 Tempat Ini

Jumat, 22 Maret 2019 – 04:30 WIB
Kuliner khas Lombok, ayam taliwang. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - LOMBOK adalah satu dari sekian pulau yang berada dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selat Lombok memisahkan pulau ini dari Bali. Namun, kedekatan budaya antara kedua pulau ini cukup erat.

Suku Sasak, mayoritas penduduk Pulau Lombok, masih mempunyai keterkaitan dengan suku Bali. Hal ini pun tampak dalam beberapa adat istiadat, tradisi, bahasa, dan kuliner.

BACA JUGA: PDIP Bekali Caleg Artis dengan Pesan di Balik Kuliner Lokal

Bicara kuliner, liburan ke sini belum lengkap jika tidak mencoba makanan khas Lombok. Rasanya pasti berbeda dengan hidangan sejenis yang ada di kota lain.

Kamu bisa mencari penginapan murah di Bali dan menyeberang ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar dengan kapal ferry. Lalu, mulai petualangan kuliner di Lombok dengan berkunjung ke 4 tempat wisata kuliner berikut : 

BACA JUGA: Gara-Gara Film, Dian Sastro Ketagihan Makanan Madura Ini

Ayam Taliwang

Makanan ini sering didaulat sebagai hidangan khas Lombok. Biasa dimasak dengan tiga metode, yaitu panggang, goreng, atau bakar, racikan bumbu menjadi penggoda lidah yang bikin ketagihan.

BACA JUGA: Sip, Dubes Tantowi Yahya Kenalkan Kuliner Nusantara ke Samoa

Apalagi, jika memakai ayam kampung muda sebagai bahan utama. Rasa gurih, pedas, manis, menyatu dengan daging ayam yang empuk.

Paling enak disantap bersama nasi hangat dan plecing kangkung. Kamu bisa datang ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama di Cakranegara untuk mencoba rasa asli ayam ini.

Sate Bulayak

Bentuk bulayak menyerupai lontong, tetapi dibungkus oleh daun pohon aren secara memanjang dan berputar seperti spiral. Sementara, daging sate berbahan daging sapi yang direndam dalam bumbu tradisional ala masyarakat Sasak.

Kamu bisa menyantap sate ini dengan mencocol bulayak dalam bumbu sate. Pasti rasanya unik dan berbeda dari sate lain yang pernah kamu coba. Nah, kamu bisa menemukan penjual sate ini di sekitar objek wisata, seperti halaman Taman Suranadi, Taman Narmada, atau Pura Lingsar.

Bebalung

Melihat makanan ini, kamu akan teringat pada sup iga atau sop konro. Ya, bebalung berbahan dasar tulang iga sapi atau kerbau yang dimasak bersama bumbu racik. Bumbu yang dipakai adalah bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan lengkuas, serta cabai rawit.

Depot Kelebet di Jalan HOS Cokroaminoto jadi tempat favorit untuk mencoba bebalung. Tidak usah repot berjuang saat menyantapnya, karena daging akan mudah terlepas dari tulang. Tekstur daging pun begitu lembut, sehingga terasa lumer di mulut.

Nasi Balap Puyung

Pertama melihat nasi balap puyung, boleh jadi kamu merasa tidak ada yang istimewa. Dalam sepiring nasi, berisi belut goreng, ebi, suwiran ayam, kacang kedelai, dan sambal.

Walau tampilannya sederhana, tetapi rasa yang ditawarkan luar biasa. Sambal khas puyung inilah yang membuat orang ketagihan untuk menyantapnya
berkali-kali.

Kamu dapat langsung datang ke Jalan Raya Puyung, Desa Puyung, Jonggat, Lombok Tengah untuk mencoba nasi balap puyung cap Inaq Esun.

Pasti perut langsung keroncongan walau hanya membaca daftar tempat kuliner tadi. Maka, lekas kemas ranselmu dan temukan promo hotel Airy lewat aplikasi atau situs web untuk memesan hotel di Lombok.

Dikenal sebagai jaringan properti hotel terbesar yang berada di 72 kota Indonesia, kamu akan menikmati 7 jaminan kenyamanan pada setiap kamar.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain pendingin ruangan, shower air panas/dingin, tempat tidur bersih, snack dan air minum gratis, dan akses Wi-Fi gratis.

Pembayaran fleksibel membuatmu lebih mudah saat merencanakan liburan keliling Indonesia. Tinggal pilih saja, mau melakukan transfer bank, kartu kredit, atau lewat gerai Indomaret. 

Tunggu apa lagi? Segera pesan kamarmu dan berangkat untuk berburu kuliner di Lombok!. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mulai Hari ini, Penumpang Citilink Bisa Nikmati Sajian Kuliner Nusantara


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler