Berenang untuk Atasi Kelelahan

Kiat Persebaya ISL Hadapi Persegres Hari Ini

Senin, 13 Januari 2014 – 07:46 WIB
Rahmad Darmawan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - KEDIRI - Sebagai pelatih yang menangani tim nasional U-23 di SEA Games 2013 yang harus bertanding dua hari sekali, Rahmad Darmawan paham betul bagaimana mengantisipasi kelelahan pemain.

Karena itu, begitu tim asuhannya kini, Persebaya Surabaya ISL (Indonesian Super League), selesai menundukkan Persiba Bantul 2-0 (1-0) di Stadion Brawijaya, Kediri, kemarin, Rahmad langsung memerintahkan Greg Nwokolo dkk relaksasi.

BACA JUGA: Larangan Ngeseks untuk Tim Elang Super

Yakni, dengan berenang di hotel tempat mereka menginap. Sebab, hari ini, mereka harus menjalani laga kedua zona Jawa-3 Inter Island Cup 2014 melawan Persegres Gresik di stadion yang sama.

"Berenang itu terbukti efektif untuk membuat pemain lepas dari kelelahan," kata pria yang akrab disapa dengan sebutan RD itu.

BACA JUGA: Perlu Pantau Lagi di Kompetisi

RD menjelaskan, dia memang masih punya pemain pelapis mencukupi. Namun, mantan pelatih Arema Cronus, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura tersebut menganggap pilihan untuk merotasi total itu berisiko.

Sebab, di mata RD, Persegres termasuk salah satu tim asal Jatim yang telah lama melakukan persiapan.

BACA JUGA: Duet SAS Bawa Liverpool Tekuk Stoke

"Tentu dari segi kualitas tim, Persegres punya kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan Persiba. Dan, saya yakin laga besok (hari ini, Red) akan memiliki tantangan sedikit berbeda bagi tim kami," ujar pria yang menjabat manager coach di tim yang bermarkas di Menanggal, Surabaya itu.

Soal berapa dari starter kemarin yang akan dipertahankan melawan Persegres hari ini, RD tidak bersedia mengungkapkan. "Lihat saja sampai besok (hari ini, Red)," ucapnya.

Di laga melawan Persiba kemarin, RD memang menurunkan semua pilar terbaik dengan formasi 4-5-1. Greg menjadi target man, ditopang lima gelandang, yaitu Patrick Nzekou, M Ilham, Alfin Tuasalamony, dan Manahati Lestusen, dan Dedi Kusnandar. Sementara tembok pertahanan dipercayakan kepada Hasyim Kipuw, Daniel Monchare, Leo Saputra, dan Ricardo Salampessy.

Hasilnya, Persebaya pun mendominasi permainan menghadapi Persiba yang sedari awal tampil defensif. Kedua gol diborong Greg yang juga pemain termahal di Indonesia saat ini, masing-masing pada menit ke 29 dan 70.

Sementara itu, Sajuri Said, pelatih Persiba, mengatakan bahwa tim besutannya tak mampu bermain maksimal karena rata-rata pemain yang saat ini bergabung masih dalam status seleksi.

"Itu yang membuat pemain kami tidak sengotot pemain Persebaya dalam pertandingan tadi," kata Sajuri. (dik/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rotasi di Persib Tak Jadi Masalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler